image 1

Tidung

Kabupaten Kepulauan Seribu Lakukan Pengukuran dan Publikasi Data Stunting Tahun 2023

Kategori | Pemerintahan
Reporter | Zaini Miftah
Tanggal | 07 Dec 2023
Dilihat | 98x


Kabupaten Kepulauan Seribu melakukan kegiatan Pengukuran dan Publikasi Data Stunting Tahun 2023, yang diselenggarakan di Gedung Mitra Praja, Sunter, Jakarta, Kamis (07/12/2023).

Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Kepulauan Seribu, Eric PZ Lumbun mengatakan, berbagai upaya dilakukan Kabupaten Kepulauan Seribu untuk mengentaskan stunting, salah satu intervensi penurunan stunting terintegrasi, yang dilaksanakan aksi pengukuran data dan publikasi stunting.

"Pertemuan publikasi hasil pengukuran data stunting adalah upaya Kabupaten Kepulauan Seribu untuk memperoleh data prevalensi stunting terkini pada skala layanan Puskesmas, kecamatan hingga kelurahan," kata Eric.

Eric menjelaskan, kebijakan penanggulangan stunting antara lain diarahkan melalui strategi intervensi gizi sensitif, dengan keterlibatan lintas sektor, yang dilakukan dengan berbagai kegiatan pembangunan di luar sektor kesehatan seperti penyediaan air bersih, sanitasi, pendidikan gizi, ketahanan pangan dan gizi.

“Pertemuan hari ini dimaksudkan untuk menyampaikan publikasi hasil pengukuran status gizi stunting di Kabupaten Kepulauan Seribu sebagai bagian kegiatan dari 8 aksi konvergensi dalam rangka pencegahan stunting,” tutur.

Tercatat, strategi intervensi gizi spesifik yang sudah dilakukan seperti program pemberian makan, program Dashat Dinas PPAPP DKI Jakarta, Program Jakarta Beraksi Dinas Kesehatan DKI Jakarta dan peran ASN Kepulauan seribu melalui program  Bapak Bunda Asuh Anak Curiga Stunting (BBAACS).

"Semoga dengan berbagai upaya yang sudah dilakukan, prevalensi stunting di Kabupaten Kepulauan Seribu dapat menurun," tambah Eric.


POLING

Bagaimana Pendapatmu Terkait Berita Tentang "Kabupaten Kepulauan Seribu Lakukan Pengukuran dan Publikasi Data Stunting Tahun 2023" ?