image 1

Tidung

Ratusan Warga Mengikuti Gotong Royong di Pulau Untung Jawa

Kategori | Pemerintahan
Reporter | Sudin Kominfotik Kab. Adm. Kepulauan Seribu
Tanggal | 08 Dec 2023
Dilihat | 82x


Sekitar 126 warga mengikuti kegiatan gotong royong di wilayah RT 03/RW 03 Kelurahan Pulau Untung Jawa, Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan, Jumat (08/12/2023).

Ratusan warga tersebut terdiri dari unsur RT, RW, LMK, FKDM, TP PKK, Jumantik, Dasawisma dan lainnya.

Lurah Pulau Untung Jawa, Sidartawan mengatakan, kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari Instruksi Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta Nomor 100 Tahun 2023, tentang Lomba Gotong Royong Lingkungan Asri Kota Lestari.

"Gotong royong ini dilaksanakan dalam rangka untuk menumbuhkan rasa kebersamaan terhadap masyarakat, guna kebersihan lingkungan, dan kesehatan lingkungan,” ujarnya.

Sidartawan menambahkan, kegiatan seperti ini akan terus digencarkan di wilayahnya, khususnya pada setiap hari Jumat bersamaan dengan giat Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) dan Jumat bersih.

"Kegiatan gotong royong di wilayah Kepulauan Seribu sedikit berbeda dengan kegiatan di wilayah kota administrasi lainnya, kami tidak bisa melakukan pada hari Minggu karena pada hari tersebut merupakan kunjungan wisatawan, sehingga pelaksanaan gotong royong dilaksanakan pada hari Jumat sekaligus dalam rangka persiapan kunjungan wisatawan agar lingkungan tetap bersih dan rapi. Sampah-sampah yang dikumpulkan selanjutnya kita kirim ke TPS, kemudian dibawa atau diangkut kapal Sudin LH Kepulauan Seribu," katanya.

Sementara itu, Kepala Bagian Perekonomian dan Pembangunan (Ekbang) Kepulauan Seribu, Endro Mukti Wibowo menjelaskan, Pulau Untung Jawa merupakan pulau yang paling dekat dengan daratan Jakarta, di mana pada musim-musim tertentu sampah dari wilayah di Jabodetabek terbawa aliran sungai ke perairan laut Pulau Untung Jawa melalui 13 aliran sungai di sekitar Jabodetabek.

"Pada 23 November 2023 yang lalu, kami telah menangani sampah kiriman tersebut, dan terkumpul 21.984 kg sampah," katanya.

Endro menilai, warga Pulau Untung Jawa tetap bersemangat untuk melakukan gotong royong untuk mendukung Pulau Untung Jawa sebagai bagian dari Kawasan Strategis Pariwisata Nasional Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu

“Kegiatan hari ini juga dilakukan secara serentak di seluruh kelurahan yang ada di Kepulauan Seribu tidak terkecuali di Pulau Untung Jawa,” tambahnya.


POLING

Bagaimana Pendapatmu Terkait Berita Tentang "Ratusan Warga Mengikuti Gotong Royong di Pulau Untung Jawa" ?