image 1

Tidung

Petugas Sudin SDA Kepulauan Seribu Membuat Fondasi Tandon di Kelurahan Pulau Panggang

Kategori | Pembangunan
Reporter | Sudin Kominfotik Kab. Adm. Kepulauan Seribu
Tanggal | 12 Dec 2023
Dilihat | 41x


Petugas Suku Dinas Sumber Daya Air (Sudin SDA) Kepulauan Seribu, membuat fondasi penampungan air hujan atau tandon di Kelurahan Pulau Panggang, Kecamatan Kepulauan Seribu Utara.

Pembangunan ini dilakukan untuk memperkuat tandon, serta pemanfaatan air hujan secara langsung oleh masyarakat.

Kepala Sudin SDA Kepulauan Seribu, Hendri mengatakan, kegiatan ini menindaklanjuti permohonan dari Kelurahan Pulau Panggang. 

“Terdapat tiga tandon air yang tengah dibangun, yakni dua di lingkungan kantor Kelurahan Pulau Panggang dan satu di area Gudang SDA. Kegiatan ini telah dimulai sejak akhir November dan diperkirakan rampung pada akhir pekan," ujar Hendri, Selasa (12/12/2023).

Hendri menjelaskan, masing-masing tandon air hujan tersebut memiliki ukuran panjang 15 meter, lebar 110 sentimeter dan ketinggian 65 sentimeter. Penampungan air ini berkapasitas 1.050 liter. Pembangunan tandon ini dilakukan secara manual dengan melibatkan 10 personel Sudin SDA Pulau Panggang.

"Akhir-akhir ini hujan sudah mulai mengguyur kota Jakarta, semoga dengan adanya tandon ini dapat membantu memenuhi kebutuhan air warga yang bisa digunakan secara gratis," harapnya.

Sementara itu, Lurah Pulau Panggang, Muhammad Fakih Burhanudin membenarkan sedang ada pembangunan fondasi tandon untuk memenuhi kebutuhan air bagi warga pulau. 

"Karena sudah memasuki musim hujan, jadi kita manfaatkan air hujan untuk persediaan air warga. Dengan ini persediaan air tanah di Pulau Panggang tidak semakin menipis dan pulau tidak cepat terkikis," tandasnya.


POLING

Bagaimana Pendapatmu Terkait Berita Tentang "Petugas Sudin SDA Kepulauan Seribu Membuat Fondasi Tandon di Kelurahan Pulau Panggang" ?