image 1

Tidung

Sudin Perhubungan Kepulauan Seribu Menyelesaikan Pembangunan Dermaga di Pulau Kelapa Dua

Kategori | Pembangunan
Reporter | Sudin Kominfotik Kab. Adm. Kepulauan Seribu
Tanggal | 13 Dec 2023
Dilihat | 47x


Sudin Perhubungan (Sudin) Kabupaten Kepulauan Seribu menyelesaikan pembangunan dermaga yang berlokasi di Pulau Kelapa Dua, Kelurahan Pulau Kelapa, Kecamatan Kepulauan Seribu Utara.

Kasi Pembangunan Pelabuhan Sudin Perhubungan Kepulauan Seribu, Ahyus Wanto mengatakan, pengerjaan fisik pembangunan dermaga ini lebih cepat dari jadwal semula, yaitu 15 Desember 2023.

“Pembangunan dimulai pada 22 September lalu dan telah selesai pada 6 Desember. Dermaga ini kini siap beroperasi, bahkan kapal-kapal juga sudah bisa bersandar," ujarnya, Rabu (13/12/2023).

Ahyus menjelaskan, pembangunan dermaga yang berada di sekitar Taman Nasional Kepulauan Seribu ini, menggunakan material Poly Ethylene dan Expandable Polystirene (EPS). Jenis bahan Poly Ethylene yang digunakan adalah food-grade PE dan tidak berpolusi, lalu one-piece construction dengan luas permukaan lantai 100 meter, di dalam pelampung terisi Expandable Polystirene (EPS) foam.

"Bahan material yang kita gunakan ini memiliki daya tahan terhadap benturan, anti ultraviolet, tahan lama dan tahan terhadap asam dan alkali, bahkan tahan terhadap cuaca," kata Ahyus.

Ahyus menambahkan, perawatan dermaga ini merupakan bagian dari implementasi Perjanjian Kerja Sama antara Kepala Balai Taman Nasional Kepulauan Seribu dengan Kepala Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta. Di mana dermaga ini sangat bermanfaat untuk mempermudah dan memperluas akses wisatawan serta masyarakat ke taman wisata sanctuary, balai Taman Nasional Kepulauan Seribu.

"Dengan selesainya pembangunan, masyarakat maupun petugas setempat untuk merawat dan menjaga dermaga ini agar tetap berfungsi dengan baik," harapnya.

Sementara itu, Lurah Pulau Kelapa, Muslim menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Sudin Perhubungan Kepulauan Seribu yang telah merevitalisasi dermaga di wilayahnya.

"Sebentar lagi memasuki musim liburan, dengan perbaikan sarana prasarana ini tentunya semakin mempermudah warga dan pengunjung untuk melintas, kapal-kapal pun tidak kesulitan untuk mencari tempat bersandar," pungkasnya.


POLING

Bagaimana Pendapatmu Terkait Berita Tentang "Sudin Perhubungan Kepulauan Seribu Menyelesaikan Pembangunan Dermaga di Pulau Kelapa Dua" ?