image 1

Tidung

Warga Pulau Tidung Manfaatkan Aplikasi JAKI

Kategori | Kesejahteraan Masyarakat
Reporter | Petrus Ardianto
Tanggal | 14 Dec 2023
Dilihat | 62x


Keberasaan Aplikasi Jakarta Kini (JAKI) dirasakan manfaatnya oleh warga Pulau Tidung, Kepulauan Seribu Selatan untuk kebutuhan sehari-hari.

JAKI merupakan super-app Jakarta yang menyediakan layanan satu pintu untuk membantu keseharian warga. Dengan JAKI, para pengguna bisa menikmati fitur layanan dan informasi hingga melapor kondisi fasilitas umum serta layanan publik di Jakarta.

Menurut salah seorang warga Pulau Tidung, Dewa Angling Kusuma (22) mengaku, JAKI menjadi sarana untuk menyampaikan informasi terhadap adanya kendala yang dihadapi warga.

“Sejauh ini JAKI berguna untuk memberikan informasi agar diketahui pihak kelurahan atau kecamatan, terkait kendala yang ada,” katanya.

Namun Dewa berharap, sosialisasi penggunaan JAKI bisa lebih ditingkatkan lagi, sehingga metode penggunaan JAKI bisa diketahui secara luas.

“Respons dari laporan yang disampaikan di JAKI sangat cepat dan langsung diselesaikan, namun ke depan sosialisasi pengguaan JAKI bisa ditingkatkan lagi,” tuturnya.

Hal senada disampaikan Helmayuri (32), dirinya menilai aplikasi JAKI bisa membantu kebutuhan masyarakat untuk menyampaikan keluhan terhadap lingkungan sekitar serta bisa memberikan informasi tentang titik WiFi gratis dari Pemprov DKI Jakarta, yang ada di sekitar.

“Banyak manfaat dari JAKI, tentunya warga sangat terbantu dengan kehadiran aplikasi ini,” tambahnya

Seperti diketahui, ada beberapa fitur dalam JAKI, antara lain :

JakLapor: Kanal pengaduan warga untuk Pemprov DKI Jakarta. Laporan Anda akan diterima dan ditindaklanjuti oleh Organiasi Perangkat Daerah (OPD) terkait.

JakWarta: Layanan informasi terkini seputar Pemprov DKI Jakarta yang bersumber dari berbagai kanal. Mulai dari media massa hingga media sosial.

JakRespons: Pantau tindak lanjut seluruh laporan warga seputar fasilitas umum dan pelayanan publik.

JakPangan: Ketahui informasi harga dan ketersediaan pangan terkini di seluruh Pasar Jaya di Jakarta.

JakSurvei: Sampaikan masukan Anda untuk kinerja dan layananan yang diberikan oleh Pemprov DKI Jakarta.

JakPenda: Fitur untuk memeriksa informasi dan pembayaran seputar Pajak Kendaraan Bermotor (PKB), Pajak Bumi dan Bangunan (PBB), Pajak Daerah, dan E-Retribusi Anda.  

JakWiFi: Temukan titik akses WiFi gratis dari Pemprov DKI Jakarta di sekitar Anda.

Pantau Banjir: Ketahui lokasi titik banjir dan tinggi muka air di berbagai aliran sungai di Jakarta.

Akun Digital Warga: Verifikasi NIK Anda untuk mengakses informasi bantuan sosial terpersonalisasi, seperti KJP dan KJMU serta bantuan lainnya.


POLING

Bagaimana Pendapatmu Terkait Berita Tentang "Warga Pulau Tidung Manfaatkan Aplikasi JAKI" ?