image 1

Tidung

Fasilitas Sarana dan Prasarana RSUD Kepulauan Seribu Semakin Meningkat

Kategori | Kesejahteraan Masyarakat
Reporter | Petrus Ardianto
Tanggal | 22 Dec 2023
Dilihat | 308x


Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kepulauan Seribu di Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu Utara terus memberikan pelayanan prima kepada masyarakat.

Peningkatan fasilitas sarana dan prasarana RSUD Kepulauan Seribu semakin lengkap, dengan penetapan akreditasi tingkat utama bintang empat dari sebelumnya perdana tingkat satu.

Kepala Direktur RSUD Kepulauan Seribu, Agus Hariyanto Saroso mengatakan, peningkatan fasilitas kesehatan (faskes) dilakukan sebagai wujud dan komitmen dalam memberikan dan meningkatkan akses sekaligus pemerataan pelayanan kesehatan yang berkualitas.

"Pada tahun ini, kami telah menambah fasilitas layanan operasi. Warga pulau bisa menikmati layanan operasi sesar dan bedah umum terencana tanpa harus ke daratan Jakarta," katanya, Jumat (22/12/2023).

Agus menjelaskan, sebelumnya RSUD Kepulauan Seribu telah menyiapkan pelayanan Poli Spesialis, bahkan, jadwal dokter tersebut telah disosialisasikan. Adapun dokter yang tersedia dalam poli ini meliputi dokter spesialis anak, penyakit dalam, bedah, radiologi, patologi klinik, anestesi, kebidanan dan kandungan serta dokter kelautan.

"Selain fasilitas layanan operasi, di tahun yang sama juga telah ada layanan transfusi darah terencana, serta telah memutakhirkan alat-alat kesehatan seperti alat ekokardiografi yang berguna untuk pemeriksaan pasien jantung. Kami juga telah mengoptimalkan fungsi ruang perawatan intensif. Rencananya tahun depan kami akan melanjutkan renovasi atau rehab bangunan," terang Agus.

Agus menambahkan, perencanaan pembangunan tersebut akan dilakukan pada area gedung bagian belakang yang berupa fasilitas ruang rawat inap. Hal ini demi memenuhi standar minimal jumlah dan kelengkapan tempat tidur rawat inap sesuai Permenkes RI.

“Saat ini jumlah kapasitas rawat inap ada 30 bed dan diharapkan dengan renovasi tahun depan menjadi 50 bed. Nantinya renovasi ini tidak langsung semua agar pelayanan rumah sakit masih dapat berjalan," tandasnya.


POLING

Bagaimana Pendapatmu Terkait Berita Tentang "Fasilitas Sarana dan Prasarana RSUD Kepulauan Seribu Semakin Meningkat" ?