image 1

Tidung

Ribuan HPR di Kepulauan Seribu Telah Divaksinasi Selama Tahun 2023

Kategori | Pemerintahan
Reporter | Petrus Ardianto
Tanggal | 04 Jan 2024
Dilihat | 82x


Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (Sudin KPKP) Kepulauan Seribu telah melakukan vaksinasi terhadap 1.844 Hewan Penular Rabies (HPR), selama tahun 2023.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Sudin KPKP Kepulauan Seribu, Rita Sri Lestari mengatakan, jumlah hewan yang divaksin rabies pada tahun ini melebihi target yang ditetapkan sebanyak 1.800 ekor.

"Vaksinasi mayoritas dilakukan terhadap kucing yang merupakan hewan peliharaan warga dan tidak berpemilik," ujarnya, Kamis (04/01/2024).

Rita menjelaskan, 1.844 pemberian vaksinasi HPR tersebut terdiri dari 205 ekor di Pulau Pramuka, 432 ekor di Pulau Panggang, 282 ekor di Pulau Tidung, 125 ekor di Pulau Pari, 120 ekor di Pulau Sabira, 200 ekor di Pulau Lancang, 241 ekor di Pulau Untung Jawa, serta Pulau Harapan dan Pulau Kelapa 239 ekor. 

"Vaksinasi HPR ini gratis, pelayanan kami biasanya membuka posko atau dilakukan secara door to door. Kami berharap Jakarta bisa tetap mempertahankan predikat bebas rabies," ungkapnya.

Selain vaksinasi, kata Rita, pihaknya bersama CSR dari Let's Adopt Indonesia, YPLI, Swakelola (EmYe Klinik), Petlove Center, dan Pusyankeswannak juga membuka layanan sterilisasi HPR. Total di tahun ini sebanyak 1.001 kucing telah disterilisasi.

"Semoga layanan vaksinasi dan sterilisasi ini dapat terus berkelanjutan. Tahun ini jumlahnya akan kita tingkatkan lagi supaya warga Kepulauan Seribu tetap sehat dan bebas dari rabies," tandasnya.


POLING

Bagaimana Pendapatmu Terkait Berita Tentang "Ribuan HPR di Kepulauan Seribu Telah Divaksinasi Selama Tahun 2023" ?