image 1

Tidung

Petugas Sudin LH Kepulauan Seribu Membersihkan Sampah Kiriman di Pulau Sabira

Kategori | Lintas Pulau
Reporter | Petrus Ardianto
Tanggal | 05 Jan 2024
Dilihat | 55x


Petugas pesisir pantai dari Suku Dinas Lingkungan Hidup (Sudin LH) Kepulauan Seribu, membersihkan sampah kiriman yang ada di tepi Pulau Sabira, Kelurahan Pulau Harapan, Kecamatan Kepulauan Seribu Utara.

Kepala Seksi Peran Serta Masyarakat dan Penataan Hukum Sudin LH Kepulauan Seribu, Riza Lestari Ningsih mengatakan, sampah kiriman ini berasal dari Lampung Timur, hal ini kerap terjadi saat musim angin Barat Laut atau di setiap bulan Desember hingga Februari.

"Ini sampah rutin tahunan, biasanya jenis sampah organik seperti pohon pandan, eceng gondok, nipah dan rumput sungai. Sekitar 3-5 meter kubik per hari sampah berhasil diangkut dari pantai sisi barat tepat belakang lapangan sepak bola hingga RPTRA Jaga Utara," kata Riza, Jumat (05/01/2024).

Riza menjelaskan, puluhan petugas bekerja keras dengan alat seadanya untuk membersihkan sampah kiriman tersebut, untuk selanjutnya diangkut ke gerobak motor dan dibuang ke Tempat Penampungan Sementara (TPS) terdekat.

"Untuk mengatasi sampah ini kami mengerahkan 10-13 personel LH yang ada di Pulau Sabira. Sampah kiriman ini sudah tampak terlihat sejak 4 Januari," jelasnya.

Riza menambahkan, jika sudah memasuki musim hujan, petugas pun diimbau untuk rutin memonitor sampah kiriman tersebut. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi pencemaran laut dari sampah.

"Tidak hanya di Pulau Sabira, pulau lainnya juga biasa menerima sampah kiriman dari Jakarta, Banten, dan Jawa Barat. Kami pun telah menyiagakan petugas untuk gerak cepat atasi sampah-sampah itu," tambahnya.


POLING

Bagaimana Pendapatmu Terkait Berita Tentang "Petugas Sudin LH Kepulauan Seribu Membersihkan Sampah Kiriman di Pulau Sabira" ?