image 1

Tidung

Cegah DBD, Petugas Jumantik Lakukan PSN di Pulau Pramuka

Kategori | Pemerintahan
Reporter | Sudin Kominfotik Kab. Adm. Kepulauan Seribu
Tanggal | 02 Feb 2024
Dilihat | 132x


Sebanyak sepuluh petugas Jumantik Pulau Pramuka, Kelurahan Pulau Panggang, Kecamatan Kepulauan Seribu Utara melakukan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN).

Langkah ini dilakukan untuk mencegah penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) di Pulau Pramuka, yang kerap muncul ketika musim penghujan.

Menurut petugas Jumantik RW 05 Kelurahan Pulau Panggang, Rubiah (54) mengaku, kegiatan PSN dilakukan dengan mengecek kebersihan bak, wadah ember dan toren air yang ada di rumah-rumah warga, homestay, rumah makan dan di sekolah MTS N 26.

“Kami memantau secara langsung kejernihan air di tempat penampungan, ini dilakukan agar masyarakat terhindar dari DBD,” kata Rubiah saat diwawancarai Radio Kepulauan Seribu (RKS) di Pulau Pramuka, Jumat (02/02/2024).

Selain melakukan pengecekan, petugas Jumantik juga memberikan bubuk abate di beberapa lokasi tempat penampungan air yang rawan menjadi tempat jentik nyamuk berkembang biak.

“Kegiatan PSN ini rutin dilakukan dua kali dalam sepekan, yaitu hari Selasa dan Jumat, kami memeriksa bak mandi, dispenser dan tempat penampungan air milik warga,” tutur Rubiah.

Rubiah berharap, warga di Kepulauan Seribu, khususnya di Pulau Pramuka mau melakukan kegiatan 3M Plus, yaitu Menguras tempat penampungan air, Menutup tempat-tempat penampungan air, Mendaur ulang berbagai barang yang memiliki potensi untuk dijadikan tempat berkembang biak nyamuk Aedes aegypti dan melakukan kegiatan pencegahan.

“PSN bisa dilakukan di rumah kita masing-masing dan ini sangat mudah, hanya perlu melakukan 3M Plus, sehingga warga Pulau Pramuka terhindar dari penyakit DBD, mari kita jaga kebersihan lingkungan sekitar,” tambahnya.


POLING

Bagaimana Pendapatmu Terkait Berita Tentang "Cegah DBD, Petugas Jumantik Lakukan PSN di Pulau Pramuka" ?