image 1

Tidung

Kabupaten Kepulauan Seribu Mempunyai Fasilitas Kesehatan Memadai

Kategori | Pemberdayaan Dan Kesehatan
Reporter | Petrus Ardianto
Tanggal | 06 Feb 2024
Dilihat | 100x


Sebagai wilayah kepulauan yang ada di DKI Jakarta, Kabupaten Kepulauan Seribu menyiapkan fasilitas kesehatan yang memadai, untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di Kepulauan Seribu.

Kehadiran fasilitas kesehatan yang memadai, seperti RSUD, Puskesmas Kecamatan dan Puskesmas Pembantu atau dikenal Puskesmas Kelurahan memberikan kemudahan akses layanan kesehatan bagi masyarakat yang ada di enam kelurahan dan dua kecamatan di Kabupaten Kepulauan Seribu, sehingga masyarakat mendapatkan pelayanan kesehatan yang berkualitas dan diharapkan mampu dalam mengendalikan pertumbuhan penduduk.

Selain fasilitas kesehatan, Suku Dinas Kesehatan Kepulauan Seribu juga melibatkan petugas kesehatan yang kompeten dan selalu siap memberikan pelayanan kesehatan langsung ke rumah-rumah penduduk jika diperlukan.

Secara keseluruhan, setiap dokter ditempatkan di masing-masing fasilitas kesehatan di setiap wilayah Kabupaten Kepulauan Seribu, baik RSUD, Puskesmas Kecamatan dan Puskesmas Pembantu.

Khusus di RSUD ada dokter spesialis anak, penyakit dalam, bedah, kebidanan dan kandungan, radiologi, patologi klinik, kedokteran kelautan serta anastesi. Untuk Puskesmas Kecamatan memiliki pelayanan umum, gigi, KIA/KB, imunisasi, TB, MTBS, gizi, lansia, keswa, laboratorium sederhana, dan yankestrad. Sedangkan untuk Puskesmas Pembantu memiliki layanan umum, tindakan dan bersalin.

“Dalam Puskesmas Pembantu ini tetap ada layanan untuk kebutuhan gigi, KIA/KB, imunisasi, TB, MTBS, gizi, lansia dan keswa, namun ruangannya tidak seluas seperti Puskesmas Kecamatan. Secara jadwal, RSUD, Puskesmas Kecamatan dan Puskesmas Pembantu memiliki jadwal dokter yang telah ditetapkan sesuai ketentuan yang ada dan selalu siap siaga jika dibutuhkan,” kata Kepala Suku Dinas Kesehatan Kepulauan Seribu dr.Murniasi Hutapea MPH, Selasa (06/02/2024).

dr.Murniasi menjelaskan, untuk fasilitas kesehatan di RSUD, Puskesmas Kecamatan dan Puskesmas Pembantu memiliki layanan yang memadai, di antaranya Puskesmas Pembantu memiliki layanan bersalin dan tindakan, Puskesmas Kecamatan memiliki rawat inap, ruang bersalin dan gawat darurat, sedangkan RSUD memiliki layanan transfusi darah terencana, serta telah memutakhirkan alat-alat kesehatan seperti alat ekokardiografi yang berguna untuk pemeriksaan pasien jantung, perawatan intensif, rawat inap dan ruang operasi elektif.

“Kepulauan Seribu juga memiliki kapal ambulans Puskesmas Kepulauan Seribu Utara, selain itu ada kapal Ambulans Gawat Darurat. Secara keseluruhan, layanan dan fasilitas kesehatan baik RSUD, Puskesmas Kecamatan dan Puskesmas Pembantu tersedia untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di Kepulauan Seribu,” tambahnya.

Berikut Jadwal Layanan :

RSUD

Dokter Spesialis Anak Senin-Sabtu 08.00-14.00 WIB

Dokter Penyakit Dalam Senin-Sabtu 08.00-14.00

Dokter Spesialisa Bedah Senin, Selasa, Jumat dan Sabtu 08.00-14.00 WIB

Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan Senin-Sabtu 08.00-14.00 WIB

Dokter Spesialis Radiologi Kamis-Jumat 08.00-14.00 WIB

Dokter Sepesialis Patologi Klinik Senin-Selasa 08.00-1400 WIB

Dokter Spesialis Kedokteran Kelautan Senin-Selasa 08.00-14.00 WIB

Dokter Spesialisa Anastesi Senin-Jumat 08.00-14.00 WIB

 

Puskesmas Kecamatan

Pelayanan Umum, Gigi, KIA/KB, Imunisasi, TB, MTBS, Gizi, Lansia, Keswa, laboratorium Sederhan (Senin-Kamis 07.30-16.00 WIB, Jumat 07.30-16.30 WIB)

Pelayanan Yankestrad Rabu 07.30-16.00 WIB

Pelayanan Rawat Inap, Siaga 24 Jam, Ruang Bersalin dan Gawat Darurat Setiap Hari 24 Jam

Puskesmas Pembantu

Layanan Umum, Tindakan dan Bersalin Senin-Kamis 07.30-16.00 WIB, Jumat 07.30-16.30 WIB


POLING

Bagaimana Pendapatmu Terkait Berita Tentang "Kabupaten Kepulauan Seribu Mempunyai Fasilitas Kesehatan Memadai" ?