image 1

Tidung

Libur Imlek dan Isra Mikraj 2024, Taman Arkeologi Onrust Tetap Buka

Kategori | Pariwisata
Reporter | Petrus Ardianto
Tanggal | 08 Feb 2024
Dilihat | 114x


Taman Arkeologi Onrust dipastikan tetap buka bagi wisatawan, untuk menikmati tempat yang merupakan salah satu cagar budaya milik Pemprov DKI Jakarta.

Seperti diketahui libur dan cuti bersama saat Imlek dan Isra Mikraj 2024 jatuh pada 8, 9 dan 10 Februari, di mana momen tersebut banyak dimanfaatkan wisatawan untuk datang berkunjung.

Lokasinya yang berdekatan dengan daratan Jakarta, tepatnya di Kelurahan Pulau Untung Jawa kerap menjadi pilihan wisatawan yang ingin menikmati wisata bersejarah.

Destinasi wisata sejarah Taman Arkeologi Onrust meliputi Pulau Onrust, Pulau Cipir dan Pulau Kelor. Di mana ketiga pulau ini memiliki bangunan bersejarah saat zaman kolonial Belanda.

"Taman Arkeologi Onrust tetap buka selama libur dan cuti bersama 8-10 Februari," kata Kepala Unit Pengelola (UP) Museum Kebaharian Jakarta, Mis Ari, Kamis (08/02/2024).

Namun, Mis Ari menjelaskan, hanya ada satu pulau yang belum bisa dinikmati wisatawan karena masih dalam proses renovasi oleh Dinas Sumber Daya Air (SDA) Provinsi DKI Jakarta.

"Hingga kini Pulau Kelor masih ditutup sementara untuk renovasi demi mengantisipasi ancaman abrasi. Pulau Kelor ditutup sementara sejak Juli tahun 2023, diprediksi akan selesai pada 14 Februari nanti," ucapnya.

Tercatat, Dinas SDA DKI Jakarta telah memulai pembangunan breakwater sepanjang 350 meter pada Juli 2023 lalu, rencananya pembangunan akan rampung pada 11 Desember 2023, namun kembali diundur hingga 14 Februari.

“Pulau Kelor ditutup untuk sementara waktu untuk melindunginya dari ancaman rob dan menjaga keberadaan Benteng Martello yang bersejarah,” jelas Mis Ari.

Pembangunan breakwater tersebut nantinya akan menjaga Pulau Kelor dari abrasi, menghindari ancaman rob dan terus menjadi tujuan wisata yang menarik bagi para pengunjung.


POLING

Bagaimana Pendapatmu Terkait Berita Tentang "Libur Imlek dan Isra Mikraj 2024, Taman Arkeologi Onrust Tetap Buka" ?