image 1

Tidung

Program Pelaut Tangguh Mampu Berdayakan Nelayan di Kepulauan Seribu

Kategori | Umum
Reporter | Petrus Ardianto
Tanggal | 15 Mar 2024
Dilihat | 922x


Keterlibatan PHE OSES dalam mendukung peningkatan ekonomi masyarakat nelayan di wilayah Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu, mendapat apresiasi dari Sudin KPKP Kepulauan Seribu.

Melalui program pemberdayaan masyarakat berjudul Pelaut Tangguh, yang berasal dari akronim Peningkatan Manfaat Laut untuk Masyarakat yang Tanggap, Guyub, dan Harmonis, berfokus kepada peningkatan keterampilan kelompok nelayan melalui kegiatan kelas pesisir dan kelas nelayan.

Kelas Pesisir berupa pandampingan merintis bisnis mengacu potensi lokal yang ada, sedangkan Kelas Nelayan berfokus pada peningkatan produktivitas hasil tangkapan kelompok nelayan.

"Tentunya dukungan yang diberikan sudah terlihat secara nyata, dengan melibatkan para nelayan dan binaan Sudin KPKP Kepulauan Seribu. Hal ini diharapkan dapat berkelanjutan serta bisa lebih memberdayakan masyarakat Kepulauan Seribu," kata Plt Sudin KPKP Kepulauan Seribu, Rita Sri Lestari, Jumat (15/03/2024).

Hasil dari program tersebut sudah bisa dirasakan secara langsung seperti bubu dengan tutupan nilon dan cenderamata dari lure atau alat pancing cumi.

"Hasilnya tentu bisa memberikan manfaat lebih bagi para nelayan dan diharapkan dapat mendukung peningkatan ekonomi masyarakat nelayan baik tangkap maupun budidaya di Kepulauan Seribu Utara," tutur Rita.

Hal senada juga disampaikan Ketua RW 03 Pulau Sabira, Ali Kurniawan, dirinya menilai program yang diberikan selama ini oleh PHE OSES bisa memberdayakan masyarakat Kepulauan Seribu.

"Melalui program yang telah dilakukan, PHE OSES tidak hanya memperhatikan nelayan saja tapi kepada UMKM, hal ini sangat positif sekali dan ke depannya dapat terus dikembangkan," ucap Ali.

Sementara itu, Head of Communication, Relations & CID, Indra Darmawan mengatakan, PHE OSES mendukung peningkatan ekonomi masyarakat nelayan di wilayah Kepulauan Seribu dengan beberapa program pemberdayaan masyarakat.

“Kami memiliki beberapa program yang berfokus kepada nelayan, antara lain Pelaut Tangguh untuk nelayan tangkap dan Palu Gada untuk nelayan budidaya. Kegiatan ini kami jalankan untuk mendorong pencapaian Sustainable Development Goals (SDG’s-red) pemerintah, khususnya pada poin 1, 8 dan 14,” ucapnya.

Tercatat, atas dedikasi pemberdayaan masyarakat yang dilakukan oleh PHE OSES, program Pelaut Tangguh dinobatkan sebagai pemenang pada kategori program komunikasi CSR, sub kategori Community Based Development di perhelatan Public Relations Indonesia Awards 2024 (PRIA Award 2024) pada awal Maret lalu.

PRIA Award sendiri merupakan kompetisi tahunan yang diadakan oleh PR Indonesia sebagai apresiasi kepada insan humas di Indonesia.


POLING

Bagaimana Pendapatmu Terkait Berita Tentang "Program Pelaut Tangguh Mampu Berdayakan Nelayan di Kepulauan Seribu" ?