image 1

Tidung

Warga Pulau Panggang Manfaatkan Layanan JakWifi

Kategori | Pemerintahan
Reporter | Sudin Kominfotik Kab. Adm. Kepulauan Seribu
Tanggal | 15 Mar 2024
Dilihat | 461x


Layanan internet gratis atau JakWifi yang disediakan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melalui Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Kominfotik), makin dirasakan manfaatnya bagi warga Pulau Panggang, Kepulauan Seribu Utara.

Kehadiran JakWifi tidak hanya dimanfaatkan para pelajar, namun bertepatan dengan bulan suci Ramadan, para pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) binaan atau Jakpreneur memanfaatkannya untuk memasarkan produknya.

Menurut salah seorang siswa kelas VII SMP  Negeri 133 Jakarta, Pulau Pramuka, Saharu Riski Nugi (14) mengaku, dirinya menggunakan layanan JakWifi gratis untuk mengerjakan pekerjaan rumah yang diberikan guru sekolah.

"Hari ini saya tengah mencari informasi di internet tentang kewarganegaraan. Ini adalah tugas pelajaran PPKN yang diberikan guru," ujarnya, Jumat (15/03/2024).

Sementara itu, hal sama diutarakan Dessy Irma (33), warga RT 07/01, Pulau Panggang, Kepulauan Seribu Utara menyampaikan, dirinya sering memanfaatkan layanan JakWifi di taman mini dekat dermaga utama, untuk memasarkan berbagai produk makanan dan takjil melalui marketplace.

"Layanan JakWifi sangat bermanfaat sekali untuk kami dalam memasarkan produk. Karena selain berjualan di taman, kami juga menjual via online di grup whatsapp dan media sosial lainnya," terangnya.

Dessy menjelaskan, jenis jajanan takjil yang dijual beragam mulai dari risol, es timun suri, kelapa kopyor, chicken nugget, mie instan dan ayam geprek. Harga menu makanan dan takjil yang dijual secara online bervariasi mulai dari Rp 5 ribu hingga Rp 60 ribu.

"Rata-rata pendapatan saya Rp 300 ribu per hari. Saya berterima kasih kepada pemerintah yang sudah memenuhi kebutuhan warganya," tandasnya.


POLING

Bagaimana Pendapatmu Terkait Berita Tentang "Warga Pulau Panggang Manfaatkan Layanan JakWifi" ?