image 1

Tidung

Pulau Penjaga Utara di DKI Jakarta

Kategori | Pariwisata
Reporter | Petrus Ardianto
Tanggal | 23 Mar 2024
Dilihat | 55x


Memiliki luas area sekitar 8,82 hektare dan masuk wilayah Kelurahan Pulau Harapan, Kecamatan Kepulauan Seribu Utara, Pulau Sabira kini mudah diakses para pengunjung.

Pulau ini memiliki tempat sejarah yang layak dikenal, yaitu menara atau mercusuar yang dibangun pada zaman kolonial Belanda tahun 1869, yang dinamakan sebagai Noord Wachter (Penjaga Utara).

Bagi pecinta kuliner, Pulau Sabira menawarkan berbagai jenis kuliner tradisional yang lezat, seperti barongko, kue bugis dan lainnya. Sedangkan untuk hidangan laut bisa juga dirasakan, seperti ikan, kepiting, udang, dan cumi.

Ketika mengunjungi pulau ini, para wisatawan dapat melakukan berbagai aktivitas seperti menyelam, snorkeling dan berenang di sekitar Pulau Sabira sambil menikmati keindahan alam bawah laut yang menakjubkan.

Tidak hanya itu, pengunjung juga dapat melihat rumah adat panggung suku Bugis, penangkaran penyu, menikmati pantai yang indah, air laut yang jernih, dan terumbu karang yang mengagumkan.

Namun, cinderamata yang layak dibawa pulang bagi pengunjung Pulau Sabira adalah hasil olahan masyarakat pulau, yaitu ikan selar asin.

Ikan hasil produksi nelayan Pulau Sabira ini diproses secara tradisional dan dikenal sangat gurih dan enak untuk disantap meski hanya digoreng kering. 

Untuk transportasi, para wisatawan bisa memanfaatkan kapal cepat yang disediakan Dinas Perhubungan DKI Jakarta dari Dermaga Kali Adem dengan harga terjangkau.


POLING

Bagaimana Pendapatmu Terkait Berita Tentang "Pulau Penjaga Utara di DKI Jakarta" ?