image 1

Tidung

Kabupaten Kepulauan Seribu Miliki Layanan Titik Baca Digital

Kategori | Pemerintahan
Reporter | Petrus Ardianto
Tanggal | 03 Apr 2024
Dilihat | 43x


Untuk meningkatkan minat baca para pelajar, Kabupaten Kepulauan Seribu hadirkan Layanan Titik Baca Digital.

Layanan Titik Baca Digital merupakan alternatif layanan Perpustakaan Jakarta, yang disediakan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan DKI Jakarta.

Menurut Kasi Perpustakaan dan Kearsipan Unit Kerja Teknis 1 Kepulauan Seribu, Windarwati, kehadiran layanan ini untuk memudahkan masyarakat di Kepulauan Seribu dalam mengakses bacaan yang diinginkan.

“Layanan ini membangun perpustakaan di berbagai titik lokasi tertentu. Masyarakat cukup melakukan scan QR code dengan menggunakan gawainya, koleksi buku digital dapat dibaca langsung di radius 100 meter dari titik baca, tanpa registrasi atau tanpa download aplikasi,” kata Winda, Rabu (03/04/2024).

Winda menjelaskan, layanan ini menyediakan berbagai macam kategori buku seperti sejarah, kesehatan, umum filsafat, agama dan ensiklopedia.

“Semuanya dapat diakses secara mudah dan gratis. Kepulauan Seribu sendiri memiliki 10 titik baca buku digital yang tersebar di 9 pulau penduduk, yaitu Plaza Kabupaten di Pulau Pramuka, Dermaga Pulau Panggang, RPTRA Nyiur Melambai di Pulau Kelapa, RPTRA Arung Palakka di Pulau Kelapa Dua, Kelurahan Pulau Harapan, Taman Interaktif di Pulau Tidung, Kelurahan Pulau Tidung, RPTRA Klanceng Putih di Pulau Lancang, Kelurahan Pulau Untung Jawa dan Pulau Pari,” jelasnya.

Winda berharap, kehadiran buku digital ini dapat memperkuat semangat literasi khususnya bagi warga Kepulauan Seribu.


POLING

Bagaimana Pendapatmu Terkait Berita Tentang "Kabupaten Kepulauan Seribu Miliki Layanan Titik Baca Digital" ?