image 1

Tidung

Pasca Idulfitri, 15 Ton Sampah Berhasil Dikumpulkan di Kelurahan Pulau Panggang

Kategori | Lintas Pulau
Reporter | Sudin Kominfotik Kab. Adm. Kepulauan Seribu
Tanggal | 17 Apr 2024
Dilihat | 55x


Sebanyak 15 ton sampah di Kelurahan Pulau Panggang berhasil diangkut Suku Dinas Lingkungan Hidup (Sudin LH) Kepulauan Seribu bersama petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU), selama libur Idulfitri 1445 Hijriah.

Plt Kepala Suku Dinas Lingkungan Hidup Kepulauan Seribu, Dadang Cahya Rusdiana mengatakan, 15 ton sampah ini terhitung sejak H+1 sampai H+5 Lebaran. Di mana untuk Pulau Panggang terkumpul sekitar enam ton sampah dan Pulau Pramuka mencapai sembilan ton sampah.

"Sampah tersebut diambil di lima RW Kelurahan Pulau Panggang dan sampah pesisir pantai. Jumlah volume sampah meningkat dibandingkan hari biasa, karena banyaknya wisatawan yang datang," ujar Dadang, Rabu (17/04/2024).

Dadang mengaku, dalam penanganan sampah tersebut, pihaknya mengerahkan 40 personel dan dibantu petugas PPSU sekitar 30 personel, yang bersiaga 1x24 jam dan patroli keliling membersihkan sampah di setiap area Pulau Pramuka dan Pulau Panggang.

"Berbagai jenis sampah seperti plastik, kaleng hingga sampah organik berhasil dikumpulkan petugas. Mereka gunakan dua unit gerobak motor untuk angkut sampah-sampah itu," terangnya.

Sementara itu, Sekretaris Kelurahan Pulau Panggang, Muhammad Nuralim menambahkan, untuk mengantisipasi terjadi lonjakan sampah saat libur Lebaran karena kunjungan wisatawan, pihaknya pun menugaskan PPSU untuk rutin mengecek Tempat Pembuangan Sementara (TPS) sampah.

"Kita sudah menerapkan shif kerja bagi petugas selama libur Lebaran, agar kebersihan di tiap pulau tetap terjaga dan tidak ada penumpukan sampah di TPS," pungkasnya.


POLING

Bagaimana Pendapatmu Terkait Berita Tentang "Pasca Idulfitri, 15 Ton Sampah Berhasil Dikumpulkan di Kelurahan Pulau Panggang" ?