image 1

Tidung

Tiga Puluh Ribu Lebih Wisatawan Kunjungi Kepulauan Seribu Selama Libur Lebaran

Kategori | Pariwisata
Reporter | Petrus Ardianto
Tanggal | 21 Apr 2024
Dilihat | 113x


Sebanyak 37.841 wisatawan nusantara dan mancanegara terdata telah mengunjungi wilayah Kepulauan Seribu selama libur Lebaran tahun 2024.

Berdasarkan data Suku Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Sudin Parekraf) Kepulauan Seribu, puluhan ribu wisatawan tersebut terdata sejak 6-15 April 2024, dengan menggunakan berbagai dermaga, yaitu Marina Ancol, Muara Angke, Tanjung Pasir dan Cituis.

Kunjungan terbanyak datang dari dermaga Muara Angke dengan jumlah 15.090 orang, diikuti Tanjung Pasir sebanyak 12.529 orang, Marina Ancol sebanyak 6.920 orang dan Cituis sebanyak 3.302 orang.

Puluhan ribu wisatawan tersebut mayoritas mengunjungi pulau-pulau penduduk yang ada di Kepulauan Seribu, seperti Pulau Pramuka, Pulau Untung Jawa, Pulau Tidung, Pulau Kelapa, Pulau Tidung, Pulau Pari dan lainnya.

“Banyak wisatawan mengunjungi Pulau Pari, bahkan pada pada 10-13 April kunjungan mencapai 7.833 orang. Pulau Pari menjadi incaran oleh para wisatawan karena keindahan Pantai Pasir Perawan yang menjadi ikonnya," kata Kepala Sudin Parekraf Kepulauan Seribu, Sonti Pangaribuan, Minggu (21/04/2024).

Banyak wisatawan yang mengunjungi Kepulauan Seribu saat libur Lebaran diyakini memberikan dampak positif bagi perekonomian masyarakat, khususnya bagi pelaku usaha yang bersentuhan langsung dengan wisata, seperti pemilik homestay, travel, pemilik kapal, pengusaha kuliner, aksesoris dan lainnya.

“Kunjungan wisatawan libur Lebaran sangat ramai, yang memacu perekonomian masyarakat karena berdampak langsung dengan masyarakat mulai dari pedagang, pemilik kapal, pemilik homestay, watersport dan pelaku jasa wisata lainnya,” kata Ketua Pokdarwis Puja Berhias Pulau Untung Jawa, Rusli.

Untuk menuju Kepulauan Seribu, wisatawan bisa mengakses dermaga Kali Adem dan Marina Ancol dengan tarif yang berbeda-beda.

Melalui dermaga Kali Adem, para pengunjung bisa memanfaatkan kapal kayu dengan tarif sekitar Rp50 ribu hingga Rp 80 ribu, serta bisa juga menggunakan kapal Dishub DKI Jakarta dengan tarif sekitar Rp 44 ribu hingga Rp 74 ribu. Sedangkan melalui dermaga Marina Ancol tarifnya sekitar Rp 150 ribu hingga Rp 200 ribu.


POLING

Bagaimana Pendapatmu Terkait Berita Tentang "Tiga Puluh Ribu Lebih Wisatawan Kunjungi Kepulauan Seribu Selama Libur Lebaran" ?