image 1

Tidung

Petugas Sudin SDA Kepulauan Seribu Menyelesaikan Perbaikan Bak Kontrol

Kategori | Lintas Pulau
Reporter | Sudin Kominfotik Kab. Adm. Kepulauan Seribu
Tanggal | 29 Apr 2024
Dilihat | 51x


Petugas Suku Dinas Sumber Daya Air (Sudin SDA) Kepulauan Seribu, menyelesaikan perbaikan 7 bak kontrol di Pulau Pramuka, Kelurahan Pulau Panggang, Kecamatan Kepulauan Seribu Utara.

Kepala Sudin SDA Kepulauan Seribu, Hendri mengatakan, perbaikan tersebut telah dikerjakan sejak 23 April dan selesai 27 April. Pengerjaan meliputi pengelasan rangka dan pergantian tutup bak kontrol. Perbaikan bak kontrol ini sebagai penataan wilayah agar terlihat tertata dan rapi.

"Total yang diperbaiki ada tujuh bak kontrol. Hingga saat ini di Pulau Pramuka sudah terpasang lebih dari 70 bak kontrol yang berfungsi sebagai penyaring endapan saluran dan penampungan air hujan," ujarnya, Senin (29/04/2024).

Hendri menuturkan, perbaikan bak kontrol itu melibatkan 10 personel yang dikerjakan secara manual dengan peralatan seperti pacul, linggis, blencong, palu bodem, pahat baja.

Pada setiap bak kontrol, tambah Hendri, yang diperbaiki ini memiliki ukuran 40x40 sentimeter dan kedalaman 50 sentimeter. Bak tersebut saling terhubung dengan dengan bak lainnya yang menggunakan pipa paralon pvc enam inci.

"Setelah diperbaiki, saya harap warga ikut menjaga dan merawat bak kontrol maupun saluran. Agar lingkungan tersebut tidak mudah terjadi genangan," harapnya.

Sementara itu, Ketua RW 05 Pulau Pramuka, Sairan, menyampaikan apresiasi atas perbaikan bak kontrol di wilayahnya, mengingat sebelumnya air pada bak kontrol itu sering meluap karena plat atau tutupnya yang rusak.

"Saat ini sudah lebih bersih, jalanan pun terlihat lebih tertata. Mudah-mudah tidak ada genangan kembali dan aliran air pada saluran juga dapat kembali normal," pungkasnya.


POLING

Bagaimana Pendapatmu Terkait Berita Tentang "Petugas Sudin SDA Kepulauan Seribu Menyelesaikan Perbaikan Bak Kontrol" ?