image 1

Tidung

Ratusan Warga di Kepulauan Seribu Menerima Imunisasi

Kategori | Pemberdayaan Dan Kesehatan
Reporter | Petrus Ardianto
Tanggal | 16 May 2024
Dilihat | 121x


Suku Dinas Kesehatan Kepulauan Seribu berhasil memberikan imunisasi kepada 548 orang di wilayah Kabupaten Kepulauan Seribu.

Hal itu disampaikan Kepala Suku Dinas Kesehatan Kepulauan Seribu, dr. Murniasi Hutapea, MPH saat kegiatan Gebyar Pekan Imunisasi Dunia Tahun 2024 di Plaza Kabupaten, Pulau Pramuka, Kamis (16/05/2024).

“Kinerja Puskesmas di Kepulauan Seribu tahun 2024 per April, cakupan imunisasi sebesar 548 orang, sedangkan imunisasi lanjutan yang menerima 377 orang,” kata Murniasi.

Murniasi menilai, imunisasi salah satu upaya untuk menimbulkan kekebalan bagi seseorang secara aktif terhadap suatu penyakit, yang dapat dicegah dengan imunisasi sehingga suatu saat terpapar penyakit tersebut tidak mengalami sakit berat, tetapi masih mungkin mengalami sakit dengan gejala ringan.

“Imunisasi dapat mengurangi dan menghilangkan kecemasan anak tertular dari penyakit bahaya, sehingga anak-anak bisa menjalani tumbuh kembang yang aman dan sehat,” tuturnya.

Murniasi menjelaskan, dalam kegiatan Gebyar Pekan Imunisasi Dunia Tahun 2024 tingkat Kabupaten Kepulauan Seribu, pihaknya menyelenggarakan talks show tentang penting nya imunisasi serta menyediakan pelayanan imunisasi balita dan skrining penyakit tidak menular bagi masyarakat umum.

“Kegiatan Gebyar Pekan Imunisasi Dunia Tahun 2024 ini momentum yang tepat dan strategis untuk meningkatkan kesadaran kita, bahwa butuh tindakan kolaborasi seluruh stakeholder pemerintah dan masyarakat, untuk mendukung peningkatan cakupan imunisasi seluruh sektor umur, sehingga bisa mencapai eradikasi dan eliminasi Penyakit yang Dapat Dicegah Dengan Imunisasi (PD3I-red),” tambahnya.

Tercatat, kegiatan Gebyar Pekan Imunisasi Dunia Tahun 2024 tingkat Kabupaten Kepulauan Seribu dibuka secara langsung Bupati Kepulauan Seribu, Junaedi, dengan dihadiri Plt Wakil Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta, dr. Dwi Oktavia TLH, M.Epid, Kepala Suku Dinas Kesehatan Kepulauan Seribu, dr. Murniasi Hutapea, MPH, para SKPD/UKPD terkait, perwakilan Bank DKI, PT. Kalventis, PT. Mayora dan Morinaga.


POLING

Bagaimana Pendapatmu Terkait Berita Tentang "Ratusan Warga di Kepulauan Seribu Menerima Imunisasi" ?