image 1

Tidung

RSUD Kepulauan Seribu Selenggarakan Forum Konsultasi Publik

Kategori | Pemberdayaan Dan Kesehatan
Reporter | Sudin Kominfotik Kab. Adm. Kepulauan Seribu
Tanggal | 21 May 2024
Dilihat | 105x


Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kepulauan Seribu, menggelar Forum Konsultasi Publik tentang Pembahasan Rancangan Standar Pelayanan secara daring, Selasa (21/05/2024).

Forum ini diikuti 60 orang, yang terdiri dari para Ketua RW, tokoh agama, tokoh masyarakat, Organisasi Profesi Cabang Kepulauan Seribu, serta Tim Manajemen dan Tim Layanan RSUD Kepulauan Seribu.

Direktur RSUD Kepulauan Seribu, Ghamal Ahmad Pramana mengatakan, kegiatan ini dalam rangka mengikutsertakan masyarakat dalam penyusunan penetapan standar pelayanan di RSUD Kepulauan Seribu, serta sesuai amanat Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik.

"Standar pelayanan perlu ditetapkan untuk mewujudkan penyelenggaraan pelayanan publik, sesuai dengan asas pemerintahan yang baik dan mewujudkan kepastian hak dan kewajiban berbagai pihak, yang terkait dengan penyelenggaraan pelayanan," ujar Ghamal.

Ghamal berharap, melalui kegiatan forum ini dapat membuat pelayanan RSUD Kepulauan Seribu menjadi lebih berkualitas serta memberi kepastian layanan kepada masyarakat.

“Standar Pelayanan perlu diperbaharui setiap 3 tahun sekali untuk itu akan diadakan Forum Konsultasi Publik kembali, sekaligus untuk melihat kebutuhan yang diperlukan sudah diakomodir atau belum. Semoga kegiatan ini dapat menyelaraskan kemampuan penyelenggara dengan kebutuhan dan kepentingan masyarakat," jelasnya. 

Sementara itu, Kasi Pelayanan Penunjang RSUD Kepulauan Seribu, Irma Yunita menambahkan, dalam kegiatan dipaparkan 17 penyusunan standar pelayanan, antara lain pelayanan Instalasi Gawat Darurat (IGD), rawat inap, rawat jalan, kamar bersalin, kamar operasi, hiperbarik oksigen terapi, pemeriksaan laboratorium, pemeriksaan rontgen, pemeriksaan Ultrasonografi (USG), pelayanan farmasi, pendaftaran pasien rawat jalan dan rawat inap.

"Kami juga berikan standar pelayanan kasir, gizi, K3RS, pemulasaran jenazah, dan pelayanan pengaduan masyarakat," bebernya.

Irma menegaskan, saat ini RSUD Kepulauan Seribu juga sudah terpenuhi layanan dokter spesialis, seperti dokter anak, penyakit dalam, bedah, patologi klinik, kedokteran kelautan, anastesi dan spesialis kebidanan dan kandungan. Diharapkan, fasilitas kesehatan khususnya di Kepulauan Seribu semakin maju dan kebutuhan yang diperlukan masyarakat dapat terpenuhi.

"Tentunya saran dan masukan dari masyarakat akan kita penuhi. Kami juga sangat terbuka apabila masih ada hal yang kurang atau harus diperbaiki, bisa segera menghubungi kontak pengaduan kami melalui telepon, website atau sosial media," tandasnya.


POLING

Bagaimana Pendapatmu Terkait Berita Tentang "RSUD Kepulauan Seribu Selenggarakan Forum Konsultasi Publik" ?