image 1

Tidung

Langkah Mudah Mengecek Kepesertaan JKN

Kategori | Pemberdayaan Dan Kesehatan
Reporter | Petrus Ardianto
Tanggal | 12 Jun 2024
Dilihat | 97x


Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan yang disiapkan Pemerintah, menjadi pendukung dalam memudahkan masyarakat mendapatkan layanan kesehatan.

BPJS Kesehatan diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2004 Tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional dan Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2011 tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial yang bertugas untuk menyelenggarakan jaminan Kesehatan Nasional bagi seluruh rakyat Indonesia.

BPJS Kesehatan dengan program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), memudahkan seluruh penduduk Indonesia, termasuk orang asing yang bekerja paling singkat 6 (enam) bulan di Indonesia, yang telah membayar iuran bisa mendapatkan layanan kesehatan.

Berikut beberapa kanal yang memudahkan pengecekan status kepesertaan JKN:

-Aplikasi Mobile JKN

Aplikasi Mobile JKN merupakan kanal layanan tanpa tatap muka berbasis digital untuk memfasilitasi peserta dalam mendapatkan informasi dan layanan administrasi kepesertaan yang berkaitan dengan program Jaminan Kesehatan Nasional, dengan memanfaatkan teknologi informasi dalam bentuk aplikasi melalui telepon pintar

-Care Center

Care Center 165 adalah kanal layanan call center BPJS Kesehatan yang dapat diakses melalui telepon setiap hari selama 24 jam. Melalui nomor ini, dapat melakukan pengecekan status peserta, tagihan iuran, perubahan data, dan pengaduan terkait program JKN-KIS

-Pandawa

merupakan salah satu layanan dari BPJS Kesehatan untuk mengurus beberapa keperluan administrasi, contohnya seperti pendaftaran peserta baru. Layanan online tersebut bisa dihubungi di nomor WhatsApp “08118165165”

-Petugas BPJS Kesehatan

Mengunjungi petugas BPJS Kesehatan di kantor cabang atau BPJS Satu yang ada di rumah sakit


POLING

Bagaimana Pendapatmu Terkait Berita Tentang "Langkah Mudah Mengecek Kepesertaan JKN" ?