image 1

Tidung

Libatkan Puluhan Petugas, Sudin KPKP Kepulauan Seribu Pantau Kesehatan Hewan Kurban

Kategori | Pemberdayaan Dan Kesehatan
Reporter | Petrus Ardianto
Tanggal | 15 Jun 2024
Dilihat | 83x


Sebanyak 37 orang petugas dilibatkan dalam memantau kesehatan hewan kurban, untuk perayaan Iduladha di wilayah Kepulauan Seribu.

Petugas kesehatan tersebut terdiri dari Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (Dinas KPKP) DKI Jakarta, Sudin KPKP Kepulauan Seribu dan Persatuan Dokter Hewan Indonesia.

Menurut Kepala Sudin KPKP Kepulauan Seribu, Nurliati, petugas kesehatan yang dikerahkan melakukan pemeriksaan hewan kurban mulai dari pelabuhan di Jakarta dan Tangerang yang akan menuju Kepulauan Seribu, serta di enam kelurahan yang ada di wilayah Kepulauan Seribu.

“Akan ada dua tahapan pemeriksaan yang akan dilakukan oleh para petugas, yaitu pemeriksaan ante mortem dan post mortem terhadap semua hewan kurban,” tuturnya, Sabtu (15/06/2024).

Pemeriksaan ante mortem ialah pemeriksaan kesehatan hewan potong sebelum disembelih, yang dilakukan oleh petugas pemeriksa berwenang. Sedangkan pemeriksaan post mortem ialah pemeriksaan kesehatan jeroan dan karkas setelah disembelih yang dilakukan oleh petugas pemeriksa berwenang. Dilakukan segera setelah penyelesaian penyembelihan, dan pemeriksaan dilakukan terhadap kepala, karkas dan/atau jeroan.

“Kami telah menyebar petugas kesehatan di berbagai pelabuhan untuk pengecekan kondisi hewan kurban. Kami juga memeriksa hewan kurban yang didistribusikan Kabupaten Kepulauan Seribu dengan melakukan pengecekan kaki struktur giginya, serta memastikan usia hewan kurban sesuai dengan syariat yang telah ditentukan," jelasnya.

Nuarliati menambahkan, pihaknya akan pastikan semua hewan kurban yang dikirim dalam keadaan sehat dan tidak ada kelainan penyakit.

"Saat pemotongan hewan, kami bersama tim kesehatan juga akan melakukan pendampingan penyembelihan hewan kurban di sana, sehingga terhindar dari penyakit cacing hati dan lainnya, " tambahnya.


POLING

Bagaimana Pendapatmu Terkait Berita Tentang "Libatkan Puluhan Petugas, Sudin KPKP Kepulauan Seribu Pantau Kesehatan Hewan Kurban" ?