image 1

Tidung

Bupati Kepulauan Seribu Mencanangkan Kampung Siaga TBC

Kategori | Pemerintahan
Reporter | Petrus Ardianto
Tanggal | 27 Jun 2024
Dilihat | 46x


Bupati Kepulauan Seribu, Junaedi mencanangkan Kampung Siaga Tuberkulosis (TBC) di Plaza Kabupaten, Pulau Pramuka, Kamis (27/06/2024).

“Dengan mengucapkan bismillahirrahmanirrahim, saya Junaedi, Bupati Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu dengan ini mencanangkan Kampung Siaga TBC di wilayah Kabupaten Admiistrasi Kepulauan Seribu,” kata Junaedi.

Dalam pencanangan yang didukung OT, Formula dan Tango, dilakukan juga penandatanganan komitmen bersama Kampung Siaga TBC di Kabupaten Kepulauan Seribu, yang dilakukan secara langsung Bupati Kepulauan Seribu, Junaedi, Kepala Suku Dinas Kesehatan Kepulauan Seribu dr.Murniasi Hutapea MPH, perwakilan Kelurahan Pulau Panggang, tenaga kesehatan, PKK dan Kader TBC.

“Hari ini kita melaksanakan pencanangan Kampung Siaga TBC, di mana kegiatan ini mempersiapkan semua masyarakat lebih memperhatikan penyakit TBC, dalam upaya mensukseskan program Pemerintah dalam rangka eliminasi TBC 2030,” kata Murniasi.

Usai pencanangan, dilakukan juga sosialisasi penyakti TBC yang dilakukan Suku Dinas Kesehatan Kepulauan Seribu dengan menghadirkan narasumber dr. Agung Prasetyo, Sp.P dari RSUD Cilincing dan diikuti puluhan masyarakat di Kelurahan Pulau Panggang.

“Kita ingin melibatkan semua pihak yang ada di lapisan masyarakat untuk paham penyakit TBC, sehingga bisa mengambil peran dalam pengentasan penyakit TBC,” tuturnya.

Sementara itu, dr. Agung Prasetyo, Sp.P menjelaskan, TBC penyakit menular yang mudah terpapar pada tempat yang kumuh, padat dan sangat sulit ventilasi udara masuk dan sinar matahari masuk.

“Kami berharap penyakit TBC bisa ditanggulangi dan menurunkan epideminya di Jakarta, apalagi sudah disiapkan obatnya, pasien dapat mengakses seluruh layanan Puskesmas maupun rumah sakit di Jakarta,” tambahnya.


POLING

Bagaimana Pendapatmu Terkait Berita Tentang "Bupati Kepulauan Seribu Mencanangkan Kampung Siaga TBC" ?