image 1

Tidung

Puluhan Warga Kepulauan Seribu Mengikuti Penyuluhan Peningkatan Peran Ormas dalam Pembangunan

Kategori | Lintas Pulau
Reporter | Sudin Kominfotik Kab. Adm. Kepulauan Seribu
Tanggal | 10 Jul 2024
Dilihat | 61x


Sebanyak 80 orang yang tergabung dalam Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) di wilayah Kepulauan Seribu, mengikuti penyuluhan Peningkatan Peran Ormas dalam Pembangunan.

Kegiatan yang dilakukan oleh Suku Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Suban Kesbangpol) Kepulauan Seribu, diselenggarakan di Ruang Aula Kantor Kelurahan Pulau Kelapa, Kecamatan Kepulauan Seribu Utara, Rabu (10/07/2024).

Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Kabupaten Kepulauan Seribu, Alawi menilai, bahwa organisasi di Kepulauan Seribu seperti Karang Taruna, FKDM, GP Ansor, Pemuda Pancasila, KNPI, organisasi keagamaan serta lainnya terdapat peningkatan.

"Jadi pertumbuhan Ormas yang cukup besar serta perkembangan yang signifikan, serta aktivitas yang dinamis, diharapkan dapat menambah wawasan dan meningkatkan kinerja Ormas dan kita semua sebagai komponen bangsa, untuk berkontribusi dalam pembangunan bangsa," katanya.

Sementara itu, Ketua Sub Kelompok Kewaspadaan dan Ketahanan Ekonomi Seni Budaya dan Kemasyarakatan Suban Kesbangpol Kepulauan Seribu, Lydia mengatakan, kegiatan ini merupakan bagian dari program Suban Kesbangpol Kepulauan Seribu, dengan melibatkan seluruh komponen Organisasi Kemasyarakatan dari Pulau Kelapa, Pulau Harapan, Pulau Panggang dan Pulau Tidung.

"Tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan peran Ormas dalam pembangunan dan menjaga keberlangsungan hidup suatu organisasi," ujar Lydia.

Lydia menambahkan, kegiatan ini juga untuk mengoptimalkan peran fungsi Ormas sebagai mitra Pemerintah dalam mendukung penyelenggaraan pemerintahan dan peningkatan kualitas sumber daya manusia.

"Sehingga mampu mengembangkan dan memberdayakan potensi-potensi yang dimiliki Ormas agar dapat lebih mengambil peran khususnya dalam pembangunan di Kabupaten Kepulauan Seribu," tuturnya.

Tercatat, dasar hukum kegiatan ini adalah Peraturan Menteri Dalam Negeri No 58 Tahun 2017 tentang Kerja Sama Kementerian Dalam Negeri dan Pemerintah Daerah dengan Ormas dan Badan atau Lembaga dalam Bidang Politik dan Pemerintahan Umum.


POLING

Bagaimana Pendapatmu Terkait Berita Tentang "Puluhan Warga Kepulauan Seribu Mengikuti Penyuluhan Peningkatan Peran Ormas dalam Pembangunan" ?