2017, Kepulauan Seribu Punya 2 Kapal Jenazah


Kategori : Pemerintahan | Reporter : Sudin Kominfotik Kab. Adm. Kepulauan Seribu | Editor : Zaini Miftah | 20 Aug 2019 | Dilihat : 905


...

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sudah menganggarkan 2 kapal jenazah yang siap melayani kebutuhan warga Kepulauan Seribu. Hal itu dikatakan Pelaksana Tugas (Plt) Gubuernur DKI Jakarta, Sumarsono saat tatap muka dengan warga Kepulauan Seribu, di Pulau Pramuka, Jumat (09/12/2016).

“Anggaran untuk pengadaan kapal sudah masuk dalam APBD DKI 2017. Tinggal menunggu kapan kapal akan dikirimkan," ujar Sumarsono.

Sementara itu, Bupati Kepulauan Seribu, Budi Utomo menambahkan, pengadaan kapal jenazah memang sulit direalisasikan pada tahun-tahun sebelumnya.

“Pemprov DKI belum mengetahui siapa yang berwenang untuk pengadaan jenazah. Sementara Dinas Kesehatan DKI tidak berani menganggarkan dan menyebut itu adalah wewenang Dinas Pertamanan dan Pemakaman DKI,” ungkapnya.

Namun sambung Budi, alhamdulillah tahun depan Kabupaten akan mengadakan kapal jenazah, perkecamatan 1 kapal jenazah. Jadi tahun 2017 ada 2 kapal jenazah yang akan dibuat.

Sebelumnya, permintaan kapal jenazah dilontarkan Ismed Ketua LMK Pulau Kelapa saat tatap muka dengan Plt Gubernur DKI Jakarta. Ia mengatakan kapal jenazah merupakan hal yang paling penting untuk masyarakat Kepulauan Seribu. Pasalnya, saat ini jika menggunakan kapal ojek biayanya sekitar Rp 4 juta.

"Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kepulauan Seribu tidak menyediakan kapal jenazah. Kapal ambulan 118 pun tidak diperbolehkan karena beralasan itu untuk orang sakit bukan untuk mengantar mayat. Jadi kami berharap kapal jenazah segera direalisasikan," pintanya.

Ia mengatakan, warga Kepulauan Seribu sudah meminta hal itu sejak 2 tahun lalu. Bahkan melalui usulan Musrenbang tingkat Kelurahan hingga Kecamatan.

"Usulan itu selalu dilontarkan warga setiap kali ada Musrenbang. Namun, hingga kini, permintaan warga itu tidak juga terealisasikan," tandasnya.



Reporter : Saeful Bahri   
Editor     : Zaini Miftah



Berita Terbaru

Bagaimana Pendapatmu Terkait Berita Tentang "2017, Kepulauan Seribu Punya 2 Kapal Jenazah " ?
5 2 2 7