Sambut Ramadhan, Warga Kelurahan Pulau Panggang Ziarah ke Makam Keluarga


Kategori : Seni dan Budaya | Reporter : Sudin Kominfotik Kab. Adm. Kepulauan Seribu | Editor : Sudin Kominfotik Kab. Adm. Kepulauan Seribu | 20 Aug 2019 | Dilihat : 77


...

Puluhan warga Kelurahan Pulau Panggang, Kepulauan Seribu Utara berziarah ke makam keluarga di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Pulau Karya.

Warga sengaja meluangkan waktu untuk berziarah, sekaligus membersihkan kuburan keluarga sebagai tradisi menjelang bulan Ramadhan.

"Ziarah kubur ini sudah menjadi tradisi kami umat muslim di Kepulauan Seribu, umumnya menjelang atau menyambut Ramadhan dan juga menyambut perayaan Idul Fitri," kata Fitria Novianti, warga Pulau Panggang, Minggu (05/05/2019).

Fitria menjelaskan, tradisi ziarah dilakukan warga selama turun temurun, dimana umat muslim mendoakan sanak keluarga yang telah meninggal.

"Jika tidak melakukan ziarah kubur menjelang bulan Ramadhan dan Idul Fitri, rasa masih ada yang kurang, yakni mendoakan sanak keluarga atau orang tua yang telah meninggal," katanya.

Hal sama diutarakan Lukman (27) warga Pulau Pramuka, dirinya menilai tradisi ziarah dilakukan oleh warga Kelurahan Pulau Panggang dalam rangka menyambut Ramadhan dan perayaan Idul Fitri.

"Momentum ziarah kubur ini biasanya satu hari atau sebelum umat Islam melaksanakan ibadah puasa Ramadhan," tandasnya.

 

 

 

 

Reporter : Saeful Bahri


Berita Terbaru