INFO
  • Selamat Datang Di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu       PSBB Masa Transisi Menuju Masyarakat Sehat, Aman dan Produktif      

Ikon Swafoto Baru Percantik Lima Pulau Permukiman

Reporter : Zaini Miftah Editor : Petrus Ardianto
Seni dan Budaya 2019-12-16 Dilihat : 137

Suku Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Sudin Parbud) Kepulauan Seribu menambah delapan ikon swafoto baru di lima Pulau Permukiman. 

Menurut Kepala Sudin Parbud Kepulauan Seribu, Cucu Ahmad Kurnia mengatakan, ikon swafoto tersebut merupakan seni patung.

“Kita bangun swafoto di Pulau Tidung, Pulau Pramuka, Pulau Pari, Pulau Karya dan Pulau Untung Jawa,” kata Cucu Ahmad Kurnia, Senin (16/12/2019).

Tercatat swafoto di masing pulau memiliki ciri masing-masing, dengan makna yang terkandung, seperti di Pulau Tidung dibangun ikon Persembahan Cinta dan ikon Generasi Pelaut, Pulau Pramuka dibangun ikon Derai Embun dan ikon Tangan Lestari, Pulau Pari dibangun ikon Jiwa Samudra, Pulau Karya dibangun ikon Nyala Samudera dan ikon Ombak Menari, serta di Pulau Untung Jawa dibagun ikon Sakura.

"Dengan adanya seni ruang publik, banyak tempat atau spot yang semula sepi, mati, kosong kini memiliki nilai yang lebih dan cukup signifikan, serta memberikan daya tarik tersendiri," jelas Cucu Ahmad Kurnia.

Cucu pun menilai, kehadiran swafoto yang merupakan seni ruang publik ini dirancang untuk memberikan atau menambah nilai estetis pada satu tempat.

“Seni ruang publik adalah sebuah karya yang sanggup meruang dan mampu berinteraksi dengan baik terhadap apapun yang berada di sekitarnya termasuk aktifitas manusia. Dan terpenting karya ini dihasilkan seniman patung yang dikenal luas,” tambahnya.