INFO
  • Selamat Datang Di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu       PSBB Masa Transisi Menuju Masyarakat Sehat, Aman dan Produktif      

Antisipasi Penyakit DBD, Warga Kepulauan Seribu Diminta Lakukan PSN

Reporter : Petrus Ardianto Editor : Petrus Ardianto
Pemberdayaan dan Kesehatan 2020-02-06 Dilihat : 170

Musim penghujan yang terjadi di wilayah Kepulauan Seribu perlu diwaspadai, karena dapat menimbulkan penyakit, salah satunya demam berdarah dengue (DBD).

Penyakit yang kerap muncul saat musim penghujan ini, disebabkan virus Dengue yang dibawa oleh nyamuk Aedes aegypti.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, Suku Dinas Kesehatan (Sudin Kesehatan) Kepulauan Seribu terus melakukan sosialisasi akan dampak dari penyakit DBD, dan mengajak warga untuk melakukan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN).

“Kita melakukan sosialisasi kepada warga untuk mewaspadai penyakit DBD dengan PSN dalam bentuk 3M plus, yaitu Menguras, Menutup, Memantau dan Menimbun. Kegiatan ini melibatkan Pusksemas, Kecamatan, Kelurahan, PKK serta Jumantik,” kata Kepala Sudin Kesehatan Kepulauan Seribu, Herwin Meifendy, Kamis (06/02/2020).

Curah hujan dengan intensitas tinggi menjadi salah satu kemudahan penyakit DBD menyebar, karena banyak terjadi genangan air yang menjadi tempat idela nyamuk Aedes untuk bertelur.

“Ada beberapa faktor penyebab DBD, diantaranya hujan, cuaca ekstrim yang menyebabkan daya tahan tubuh mudah terserang penyakit, lingkungan yang tidak bersih akibat membuang sampah sembarangan, serta jarang menguras bak mandi. Jadi melalui PSN 3M Plus ini warga bisa meminimalisir berkembang biak nyamuk Aedes,” tambah Herwin.