INFO
  • Selamat Datang Di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu       Sensus Penduduk Tahun 2020 https://sensus.bps.go.id       

Sudin LH Kepulauan Seribu Lakukan Pengolahan Sampah

Reporter : Zaini Miftah Editor : Petrus Ardianto
Lintas Pulau 2020-03-26 Dilihat : 12

Kepala Suku Dinas Lingkungan Hidup (Sudin LH) Kepulauan Seribu, Djoko Rianto Budi Hartono mengatakan, pihaknya mengumpulkan sebanyak 165 meter kubik sampah dalam sepekan dari empat RW di Pulau Tidung.
 
"Sampah tersebut terdiri dari sampah organik yang langsung diolah menjadi kompos, dan sampah anorganik yang direduksi di bank sampah," kata Djoko, Kamis (26/03/2020).

Djoko menjelaskan, pengolahan sampah organik di komposter RW 01 hingga 04 Pulau Tidung berhasil mengolah sebanyak 8 kilogram per hari, sedangkan sampah anorganik dari empat RW tersebut berhasil dikumpulkan di bank sampah sebanyak 150 kg per harinya.

"Sampah anorganik yang berhasil dikumpulkan setelah pemilahan di bank sampah, dikirimkan ke pengepul di darat oleh kapal KM Bersih Laut rata-rata 600 kg hingga 1000 kg per dua minggu," terangnya.

Sementara itu, Lurah Pulau Tidung Kepulauan Seribu Selatan, Hafsah menambahkan, pihaknya terus mensosialisasikan pemilahan sampah sejak dari sumbernya kepada warga melalui pemasangan tempat sampah pilah di tempat-tempat strategis, sehingga dapat mengurangi sampah dan memudahkan petugas PPSU untuk memilahnya.

"Untuk pemilahan sampah oleh PPSU sudah dilakukan, dan hasilnya dapat diolah di bank sampah dan komposter yang ada di kelurahan," tandasnya.