INFO
  • Selamat Datang Di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu       PSBB Masa Transisi Menuju Masyarakat Sehat, Aman dan Produktif      

Sudinkes Kepulauan Seribu Himbau Warga Berperan Aktif Jadi Jumantik Mandiri

Reporter : Zaini Miftah Editor : Petrus Ardianto
Pemberdayaan dan Kesehatan 2020-04-17 Dilihat : 33

Untuk mengantisipasi wabah demam berdarah dengue (DBD), warga Kepulauan Seribu dihimbau agar menjadi juru pemantau jentik (Jumantik) secara mandiri bagi keluarganya.

Kepala Suku Dinas Kesehatan Kepulauan Seribu, Herwin Meifendi mengatakan, selain virus Corona yang saat ini sedang mewabah, DBD juga menjadi ancaman di masa-masa berakhirnya musim hujan seperti saat ini.

"Kita anjurkan warga untuk tetap melakukan PSN dengan melakukan 3M dirumahnya," kata Herwin, Jumat (17/04/2020).

Herwin menilai, dengan pemberlakukan PSBB serta penerapan social distancing dan physical distancing, kader kesehatan dan kader Jumantik belum dapat memantau serta bersosialisasi langsung dari rumah ke rumah, sehingga keterlibatan warga secara mandiri perlu dilakukan.

"Dengan begitu, penyebaran virus corona dapat dicegah dan DBD dapat diantisipasi dengan Jumantik mandiri," tukasnya.

Herwin pun berharap, di tengah-tengah menghadapi virus corona saat ini, penyakit DBD juga dapat dicegah melalui kesadaran warga untuk tetap menerapkan perilaku hidub bersih dan sehat, serta tidak membuang sampah sembarangan dan rajin menguras penampungan air.