image 1

Tidung

Pemkab Kepulauan Seribu Helatkan Pelatihan Penguburan Jenazah Covid-19 di Pulau Tidung

Kategori | Lintas Pulau
Reporter | Zaini Miftah
Tanggal | 23 May 2020
Dilihat | 182x


Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Seribu melalui Unit Kerja Teknis (UKT) 2 Kepulauan Seribu menggelar pelatihan, sekaligus simulasi pemulasaran jenazah terpapar Covid-19 di Pulau Tidung.

Kegiatan yang dilakukan di halaman kantor Kelurahan Pulau Tidung ini sendiri melibatkan 8 petugas TPU. 

Menurut Ketua UKT 2 Kepulauan Seribu, Sofyan, para peserta pelatihan dan simulasi pemulasaran jenazah menggunakan APD yang lengkap, serta melakukan pelatihan cara membungkus jenazah yang ada di dalam peti, dan protokol kesehatan saat memakamkan maupun usai memakamkan jenazah.

"Pelatihan dan praktek ini untuk menyiapkan petugas lebih sigap dan tepat dalam menangani jenazah Covid-19," kata Sofyan, Sabtu (23/05/2020).

Sofyan menambahkan, usai melakukan pemulasaran jenazah di halaman kantor kelurahan, petugas membawa jenazah dengan peti menuju TPU Pulau Tidung untuk dimakamkan sesuai protokol kesehatan, termasuk bagi para pelayat yang datang atau ikut ke makam.

Sementara itu, Lurah Pulau Tidung, Hafsah usai membuka pelatihan dan simulasi mengatakan, pelatihan tersebut dinilai penting agar petugas TPU siap melakukan tugasnya sesuai protokol kesehatan.

"Mereka butuh pengetahuan dan keahlian menangani jenazah terpapar Covid-19, karena ini diluar kebiasaan cara menangani jenazah pada kondisi normal," tandasnya.
 


POLING

Bagaimana Pendapatmu Terkait Berita Tentang "Pemkab Kepulauan Seribu Helatkan Pelatihan Penguburan Jenazah Covid-19 di Pulau Tidung" ?