INFO
  • Selamat Datang Di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu       PSBB Masa Transisi Menuju Masyarakat Sehat, Aman dan Produktif      

Sambangi Pulau Tidung, Kapal Ojek Harus Patuhi Protokol Kesehatan

Reporter : Zaini Miftah Editor : Petrus Ardianto
Lintas Pulau 2020-06-19 Dilihat : 41

Pelabuhan Pulau Tidung, Unit Penyelenggara Pelabuhan Daerah (UPPD) 1, Dinas Perhubungan DKI Jakarta memastikan setiap kapal yang akan bersandar di Pulau Tidung, Kepulauann Seribu Selatan harus mematahui protokol kesehatan selama masa PSBB Transisi.

Kepala Pelabuhan Pulau Tidung, Unit Penyelenggara Pelabuhan Daerah (UPPD) 1, Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Khairul mengatakan, setiap kapal yang beroperasi melayani penumpang harus menandatangi fakta integritas bermaterai dari Suku Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Sudin Parekraf) Kepulauan Seribu.

"Sejauh ini sudah ada delapan kapal yang menandatangani fakta integritas, ini dilakukan untuk mencegah penyebaran Covid-19," ujar Khairul, Jumat (19/06/2020).   

Khairul menjelaskan, para pemilik kapal bersedia mematuhi kebijakan dan operasional ditempat usaha, beserta fasilitasnya untuk melindungi karyawan sesuai protokol kesehatan, seperti penerapan pembatasan fisik, memastikan pengendalian infeksi ditempat usaha, menjalankan komunikasi dengan karyawan dan publik mengenai protokol pencegahan Covid-19. 

"Kami juga melakukan tindakan untuk memastikan akses yang adil ke layanan ditempat usaha, dan mengikuti prosedur contact tracing atau penyelidikan epidemologi di tempat usaha," jelasnya. 

Sementara itu, nahkoda kapal KM Zahro Jeet, Mustawa mengatakan, pihaknya bersedia menandatangani dan menjalankan apa yang tertulis di dalam fakta integritas.

"Kita pun menyediakan tempat cuci tangan, membatasi penumpang 50 persen dari kapasitas kapal, semua kru kapal menggunakan masker dan memberikan batas ditempat duduk penumpang," pungkasnya.