INFO
  • PSBB Masa Transisi Menuju Masyarakat Sehat, Aman dan Produktif      

Sosialisasikan KBRL, Sudin Parekraf Kepulauan Seribu Rangkul Agen Travel

Reporter : Petrus Ardianto Editor : Petrus Ardianto
Pariwisata 2020-07-09 Dilihat : 40

Suku Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Sudin Parekraf) Kepulauan Seribu melibatkan agen travel wisata untuk menerapkan kewajiban penggunaan Kantong Belanja Ramah Lingkungan (KBRL).

Menurut Kepala Sudin Parekraf Kepulauan Seribu, Puji Astuti, pihaknya sengaja merangkul agen travel dalam sosialisasi KBRL ini, karena wisatawan yang datang perlu mendapatkan informasi tentang penerapan Pergub Nomor 142 Tahun 2019 tentang Kewajiban Penggunaan Kantong Belanja Ramah Lingkungan.

“Kita sudah melakukan komunikasi dengan agen travel untuk terlibat dalam sosialisasi KBRL ini, dimana nantinya dalam setiap paket yang dipromosikan sudah siapkan KBRL, sehingga bisa digunakan wisatawan saat berada di Kepulauan Seribu,” kata Puji, Kamis (09/07/2020).

Puji menjelaskan, selain kepada agen travel, pihaknya juga mensosialisasikan penerapan KBRL kepada pemilik homestay, penjual cinderamata, sehingga memudahkan pengunjung atau pembeli yang akan datang.

“Meski pengunjung homestay minim pemanfaatan KBRL, namun kita tetap komunikasikan sehingga para pengunjung tidak sulit mendapatkan KBRL, selain itu kita sampaikan kepada penjual cinderamata, agar menyiapkan KBRL. Langkah ini kita lakukan untuk mendukung penggunaan sampah plastik oleh wisatawan,” tambah Puji.