INFO
  • PSBB Masa Transisi Menuju Masyarakat Sehat, Aman dan Produktif      

Pemkab Kepulauan Seribu Pantau Pelaksanaan Pemotongan Hewan Qurban

Reporter : Saeful Bahri Editor : Petrus Ardianto
Kesejahteraan Masyarakat 2020-08-01 Dilihat : 30

Pelaksana tugas (Plt) Bupati Kepulauan Seribu, Junaedi melakukan monitoring pemotongan hewan qurban di Masjid Al Makmuriyah, Pulau Pramuka dan Lapangan Voly Dermaga Utama, Pulau Panggang, Kepulauan Seribu Utara, Sabtu (01/08/2020).

Menurut Junaedi, kegiatan monitoring hewan qurban bertujuan untuk memastikan kesehatan hewan qurban sesuai ketentuan, dan bisa dikonsumsi oleh masyarakat yang berhak menerima.

"Kegiatan ini dilakukan agar masyarakat yang menerima benar-benar merasa terjamin hewan qurban yang dikonsumsi itu sehat, tidak terkena bakteri," kata Junaedi.

Junaedi pun meminta agar Sudin KPKP Kepulauan Seribu memberikan pelatihan kepada anak-anak muda di setiap kelurahan, tentang bagaimana cara memotong hewan qurban yang baik, karena sangat penting agar warga memiliki keterampilan dan keahlian.

"Jadi memang diperlukan adanya pelatihan atau pembelajaran cara memotong hewan qurban yang disebut Juleha yaitu Jurus Sembelih Halal, anak-anak muda harus direkrut Sudin KPKP," tuturnya.

Tercatat dalam kegiatan tersebut, Junaedi didampingi tim dari Kesehatan, dokter hewan, untuk memeriksa kondisi kesehatan hewan qurban.