INFO
  • Mari Lakukan Gerakan 3M : Memakai Masker, Mencuci Tangan, Menjaga Jarak.. Guna Mendukung Pemerintah Untuk Mengurangi Penyebaran Virus Corona dan Menjaga Kesehatan Keluarga Serta Lingkungan      

Daging Qurban di Kepulauan Seribu Diperiksa Kesehatan

Reporter : Saeful Bahri Editor : Petrus Ardianto
Pemberdayaan dan Kesehatan 2020-08-03 Dilihat : 14

Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) Kepulauan Seribu memastikan daging qurban pada perayaan Idul Adha 1441 Hijriah aman dikonsumsi.   

Kepala Seksi Peternakan dan Kesehatan Hewan Sudin KPKP Kepulauan Seribu, Guyantoro mengatakan, petugas pemeriksa hewan qurban Dinas KPKP DKI Jakarta dibantu enam tenaga pemeriksa dari Persatuan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) cabang DKI Jakarta melakukan pemeriksaan daging qurban di enam kelurahan. 

"Tahun ini total hewan kurban yang dipotong dan diperiksa petugas ada sebanyak 244 ekor," kata Guyantoro, Senin (03/08/2020). 

Guyantoro menambahkan, dari 244 ekor hewan qurban yang tersebar di enam kelurahan tersebut diantaranya, 48 ekor sapi, 64 ekor kambing dan 132 ekor domba. 

"Dari pemeriksaan petugas telah ditemukan adanya cacing hati pada 8 ekor sapi dan 1 ekor kambing, temuan lainnya berupa radang paru-paru ditemukan pada 1 ekor sapi dan 1 ekor kambing. Ada sebanyak 11,5 kg hati dan 2 kg paru-paru hasil temuan pemeriksaan tersebut oleh petugas langsung dimusnahkan dilokasi,” tambahnya.