INFO
  • Mari Lakukan Gerakan 3M : Memakai Masker, Mencuci Tangan, Menjaga Jarak.. Guna Mendukung Pemerintah Untuk Mengurangi Penyebaran Virus Corona dan Menjaga Kesehatan Keluarga Serta Lingkungan      

Puluhan IKM Kepulauan Seribu Ikuti Edukasi Keamanan Pangan

Reporter : Zaini Miftah Editor : Petrus Ardianto
Pemberdayaan dan Kesehatan 2020-08-24 Dilihat : 29

Suku Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (PPKUKM) Kepulauan Seribu melakukan survei terhadap 42 industri kecil menengah (IKM) binaan peserta sertifikasi Penyuluhan Keamanan Pangan (PKP).

Kepala Suku Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (PPKUKM) Kepulauan Seribu, Melinda Sagala mengatakan, survei dilakukan bersama petugas Sudin Kesehatan Kepulauan Seribu terhadap lokasi proses produksi, penggunaan peralatan, tenaga kerja dan sarana pendukung kebersihan.

"Survei sekaligus melakukan edukasi pengetahuan tentang keamanan pangan, yang sebelumnya telah diberikan saat pelatihan PKP," kata Melinda, Senin (24/08/2020).

Melinda mengaku, selain sebagai dasar rekomendasi kepada PTSP untuk penerbitan Sertifikat Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT), survei juga bertujuan agar pelaku IKM paham, dan mampu menerapkan keamanan pangan pada proses pembuatan produknya.

"Bagi yang sudah bagus Sudinkes akan mengeluarkan rekomendasi kepada PTSP untuk penerbitan sertifikat PIRT, bagi yang belum 100 persen menerapkan cara produksi yang baik, harus ada perbaikan maksimal 2 minggu,"  tandasnya.