image 1

Tidung

Pertamina Hulu Energi Pantau Perairan Kepulauan Seribu

Kategori | Pemerintahan
Reporter | Petrus Ardianto
Tanggal | 16 Oct 2020
Dilihat | 122x


Anak Perusahaan Pertamina Hulu Energi (PHE), yaitu Pertamina Hulu Energi Offshore North West Java (PHE ONWJ) dan Pertamina Hulu Energi Offshore Southeast Sumatra (PHE OSES), melakukan pengecekan sejumlah fasilitas yang berada di perairan Kepulauan Seribu.

Menurut Corporate Secretary PHE, Whisnu Bahriansyah, langkah ini dilakukan untuk merespon laporan ceceran minyak mentah yang muncul di Pulau Pramuka, Kelurahan Pulau Panggang, Kepulauan Seribu Utara.

“Setelah mendapatkan informasi, PHE langsung melakukan pantauan udara untuk mengecek kondisi perairan Kepulauan Seribu,” kata Whisnu, Jumat (16/10/2020).

Whisnu menjelaskan, dari pantauan udara per tanggal 14 Oktober  2020, tampak sejumlah titik oil spill di sekitar Pulau Panggang, dan Pulau Pramuka, dimana titik oil spill juga ditemukan pada jalur pipeline fasilitas  Zulu – Papa milik PHE ONWJ .

“Meski belum diketahui asal sumber spill, namun PHE ONWJ bergerak cepat mengirimkan sejumlah kapal untuk mendekat ke titik-titik spill, dan melakukan upaya pembersihan menggunakan fishcone sehingga oil spill tidak mendekat ke arah pulau. Kami juga melakukan koordinasi dengan stakeholders terkait, dalam hal ini adalah masyarakat Pulau Panggang & Pulau Pramuka, Pemerintah Kabupaten Kepulauan Seribu, KSOP Kepulauan Seribu, Taman Nasional Kepulauan Seribu dan  Suku Dinas Lingkungan Hidup Kepulauan Seribu,” jelasnya.

Whisnu mengaku, secara paralel PHE ONWJ juga telah mematikan aliran produksi dari fasilitas Zulu sejak 15 Oktober pukul 17.00 WIB untuk sementara waktu, dan PHE OSES juga aktif melakukan pengecekan fasilitas di Central Business Unit (CBU), dan sekitar Zelda Platform untuk memastikan apakah ada kebocoran pipa atau tidak. 

“Tim PHE berkordinasi dengan stakeholder untuk melakukan pembersihan serta mensupport  peralatan yang dibutuhkan dan pengangkutan limbah utk dikelola lebih lanjut. Jika memang hasil laboratorium menunjukkan adanya hubungan dengan kejadian, maka Pertamina Hulu Energi  tentunya peduli dan bertanggung jawab atas dampak yang dialami masyarakat serta lingkungan dengan sebaik- baiknya,” tegasnya.
 


POLING

Bagaimana Pendapatmu Terkait Berita Tentang "Pertamina Hulu Energi Pantau Perairan Kepulauan Seribu" ?