INFO
  • Mari Lakukan Gerakan 3M : Memakai Masker, Mencuci Tangan, Menjaga Jarak.. Guna Mendukung Pemerintah Untuk Mengurangi Penyebaran Virus Corona dan Menjaga Kesehatan Keluarga Serta Lingkungan      

Sudin Gulkarmat Lakukan Penanganan Pohon Rawan Tumbang di Pulau Pramuka

Reporter : Saeful Bahri Editor : Petrus Ardianto
Lintas Pulau 2020-10-17 Dilihat : 22

Petugas Suku Dinas Penanggulangan, Penyelamatan dan Kebakaran (Sudin Gulkarmat) Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu, melakukan penanganan pohon rawan tumbang di Pulau Pramuka, Kelurahan Pulau Panggang, Kepulauan Seribu Utara.

Penanganan pohon rawan di depan rumah dinas Pemerintah Kabupaten Kepulauan Seribu tersebut, merupkan tindak lanjut dari pengaduan yang disampaikan salah seorang pegawai.
 
"Petugas memotong pohon itu karena dikhawatirkan menimpa rumah dinas pejabat pada waktu angin kencang, mengingat tinggi pohon sekitar 20 meter, dengan diameter batang 40 cm," kata Buang Miharja, Kepala Sektor Sudin Gulkarmat Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu, Sabtu (17/10/2020).

Buang mengatakan, pohon berjenis kelapa itu dipotong dengan menggunakan dua unit gergaji mesin, dan melakukan penutupan jalan sementara waktu selama pemotongan berlangsung.

"Sebanyak 7 petugas kita kerahkan, dibantu petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum, serta PJLP Kabupaten yang bertugas di Rumah Dinas," tuturnya.

Sementara itu, Lurah Pulau Panggang, Pepen Kuswandi menambahkan, penebangan pohon tersebut dilakukan sebagai bentuk upaya antisipasi musim hujan yang telah tiba, mengingat usia pohon yang tergolong tua, dikhawatirkan bisa membahayakan sewaktu-waktu.

"Penebangan kali ini juga dilakukan sebagai antisipasi musim hujan, karena biasanya pada saat hujan juga disertai angin kencang, dan pohon tersebut bisa membahayakan,” tambahnya.