Kembangkan Budidaya Rumput Laut, Sudin KPKP Kepulauan Seribu Berikan Pembinaan Ratusan RTP


Kategori : Pemerintahan | Reporter : Petrus Ardianto | Editor : Petrus Ardianto | 12 Jan 2021 | Dilihat : 28


...

Sebanyak 114 rumah tangga pengolah (RTP) atau pembudidaya rumput laut mendapatkan pembinaan dari Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (Sudin KPKP) Kepulauan Seribu.

Pembinaan yang dilakukan Sudin KPKP Kepulauan Seribu meliputi, cara tanam dan pengolahan hingga pemberian bantuan bibit rumput laut.

"Budi daya rumput laut ini terus digencarkan di Kepulauan Seribu karena bisa menjadi sumber penghasilan dan meningkatkan kesejahteraan keluarga," kata Kepala Sudin KPKP Kepulauan Seribu, Devi Lidya, Selasa (12/01/2021).

Tercatat pembinaan ratusan RTP tersebut dilakukan di Kelurahan Pulau Tidung sebanyak 40, di Kelurahan Pulau Pari (10), dan Kelurahan Pulau Panggang (64).

"Selain bisa diproduksi untuk beragam makanan olahan, rumput laut juga banyak dibutuhkan sebagai bahan baku kosmetik," tutur Devi.

Devi menjelaskan, Sudin KPKP Kepulauan Seribu tahun ini merencanakan program pelatihan pengolahan rumput laut untuk meningkatkan nilai tambah berupa pembuatan kosmetik seperti, sabun dan pewangi ruangan.

"Tidak semua jenis rumput laut bisa diolah menjadi makanan olahan. Sehingga, kita akan berikan pelatihan pembuatan kosmetik, minimal untuk memenuhi kebutuhan di Kepulauan Seribu," tandasnya.
 


Berita Terbaru