Kelurahan Pulau Kelapa Tingkatkan Program Bercocok Tanam


Kategori : Pemerintahan | Reporter : Sudin Kominfotik Kab. Adm. Kepulauan Seribu | Editor : Petrus Ardianto | 19 Jan 2021 | Dilihat : 34


...

Guna mewujudkan ketahanan pangan warga di masa pandemi, Tim Gugus Tugas Covid-19 RW 04 Kelurahan Pulau Kelapa, Kecamatan Kepulauan Seribu Utara, bersama kader PKK, Karang Taruna, Posyandu serta pengurus RT dan aparatur kelurahan, aktif memberdayakan program bercocok tanam.

Ketua Tim Gugus Covid-19 sekaligus Ketua RW 04 Kelurahan Pulau Kelapa, Khairol Waroh mengatakan, pihaknya membangkitkan kembali kegiatan bercocok tanam dengan sistem hidroponik, untuk membantu memenuhi kebutuhan pangan warga sekitar.

"Kegiatan ini telah dirasakan manfaatnya oleh warga. Hasil panen sayuran hidroponik dapat membantu kebutuhan warga khususnya di RW 04," ujarnya, Selasa (19/01/2021).

Sementara itu, Lurah Pulau Kelapa, Madi Moch Dali menambahakan, untuk ketersediaan ketahanan pangan, tahun ini Kelurahan mendapatkan bantuan hidroponik dari Kementerian Pangan dan Kelautan melalui KNPI Kabupaten Kepulauan Seribu.

"Hidroponik itu bentuknya hampir seperti kebun, dengan luas lahan sekitar 20 x 10 meter," tuturnya.

Madi menambahkan, kebun hidroponik tersebut saat ini berada di samping RPTRA Nyiur Melambai Pulau Kelapa, dan diharapkan bisa memenuhi kebutuhan hidup warga, termasuk bagi warga yang tengah menjalani proses isolasi mandiri di rumah masing-masing.

"Mudah-mudahan dengan adanya penambahan kebun hidroponik, dapat membantu ketahanan pangan. Kami juga terus mensosialisasikan kepada warga tentang pentingnya memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak," tandasnya.
 


Berita Terbaru