Kabupaten Kepulauan Seribu Distribusikan BST Bagi Warga Terdampak Covid-19


Kategori : Kesejahteraan Masyarakat | Reporter : Zaini Miftah | Editor : Petrus Ardianto | 28 Feb 2021 | Dilihat : 73


...

Kabupaten Kepulauan Seribu mulai menyalurkan Bantuan Sosial Tunai (BST) dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, untuk warga terdampak Covid-19

Proses pendistribusian BST tersebut diserahkan secara simbolis Kepala Dinas Sosial DKI Jakarta, Irmansyah, serta Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Kepulauan Seribu, Sujanto Budiroso kepada warga di SD Negeri 01, Kelurahan Pulau Panggang, Kepulauan Seribu Utara, Sabtu (20/02/2021). 

Tercatat dalam kegiatan pendistribusian yang ada di enam wilayah Kelurahan, melibatkan Satpol PP untuk bagian pengamanan, Sudin Kesehatan Kepulauan Seribu untuk bagian kesehatan, fasilitas sekolah sebagai penyediaan tempat penyelenggaraan pendistribusian, camat dan lurah untuk mendampingi BST, serta Inspektorat Pembantu Kepulauan Seribu untuk mengawasi pendistribusian BST.

Kepala Dinas Sosial DKI Jakarta, Irmansyah mengatakan, pendistribusian BST secara serentak dilaksanakan oleh Bank DKI di enam kelurahan di wilayah Kepulauan Seribu, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes). 
 
"Mudah-mudahan bantuan ini dapat bermanfaat dan bisa digunakan dengan sebaik mungkin untuk keperluan keluarga, apalagi dimasa pademi Covid-19," ujar Irmansyah. 

Sementara itu, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Kepulauan Seribu, Sujanto Budiroso mengatakan, total penerima BST sebesar Rp 300 ribu untuk Kepulauan Seribu sebanyak 5.563 Kepala Keluarga (KK). 

"Bantuan ini sangat membantu warga. Saya minta aparatur kelurahan dan kecamatan ikut memonitor pendistribusian BST ini, jangan sampai terjadi kerumunan dimasa pademi Covid-19," ujarnya. 

Dalam kegiatan pendistribusian BST ini sendiri, Bupati Kepulauan Seribu, Junaedi menginstruksikan kepada para UPD untuk bersama-sama mensukseskan program Gubernur DKI Jakarta.

Berdasarkan data dari Unit Kerja Teknis 1 Kepulauan Seribu Jumlah 5.563 KK penerima BST di Kepulauan Seribu ini sendiri tersebar di enam kelurahan, diantaranya Kelurahan Pulau Kelapa sebanyak 1.408 KK, Kelurahan Pulau Harapan (486 KK), Kelurahan Pulau Panggang (1.196 KK), Kelurahan Pulau Pari (823 KK), Kelurahan Pulau Tidung (1.120 KK) dan Kelurahan Pulau Untung Jawa (530 KK).

“Penyaluran BST di Kepulauan Seribu tahap pertama sudah mencapai 90 persen dimana tiap penerima diberikan kartu ATM. Kami targetkan penyaluran rampung pada besok hari,” tutur Micro Credit dan Syaria Director, Babay Parid Wazdi.
 


Berita Terbaru