Pengunjung Kepulauan Seribu Disosialisasikan Penggunaan Kantong Belanja Ramah Lingkungan


Kategori : Pemerintahan | Reporter : Petrus Ardianto | Editor : Petrus Ardianto | 21 Feb 2021 | Dilihat : 63


...

Kabupaten Kepulauan Seribu melakukan kegiatan sosialisasi penggunaan kantong belanja ramah lingkungan, di Pelabuhan Kali Adem, Jakarta Utara, Minggu (21/02/2021).

Kegiatan tersebut dilakukan dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN), yang diperingati tanggal 21 Februari tiap tahunnya.

“Kabupaten Kepulauan Seribu berupaya mengurangi sampah plastik yang ada di Kepulauan Seribu dengan cara melakukaan razia sampah, dimana para calon penumpang yang menuju Kepulauan Seribu membawa kantong plastik, ditukar dengan kantong ramah lingkungan. Ini dilakukan karena Kepulauan Seribu sebagai wilayah wisata harus dijaga kebersihan dan keindahannya,” kata Kepala Bagian Ekonomi dan Pembangunan Kabupaten Kepulauan Seribu, Endro Mukti Wibowo.

Tercatat dalam kegiatan yang mengambil tema Sampah Tanggung Jawab Bersama (SAMTAMA), para penumpang tidak hanya disosialisasikan bahaya penggunaan plastik, namun juga diedukasi melalui penukaran kantong plastik miliknya dengan kantong ramah lingkungan yang sudah disiapkan.

“Kegiatan ini berkaitan dengan Pergub No 77 Tahun 2020 Tentang Pengelolaan Sampah Lingkup RW, Pergub DKI Nomor 142 Tahun 2019 Tentang Kewajiban Penggunaan Kantong Belanja Ramah Lingkungan Pada Pusat Perbelanjaan, Toko, Swalayan dan Pasar Rakyat, serta Peraturan Menteri LHK Nomor P.75 Tahun 2019 Peta Jalan Pengurangan Sampah oleh Produsen,” tutur Kepala Suku Dinas LH Kepulauan Seribu, Djoko Rianto Budi.

Djoko menambahkan, hasil dari sampah plastik yang dihasilkan dari kegiatan ini akan didaur ulang untuk minyak bahan bakar, serta kerajinan tangan.

Dalam kegiatan ini sendiri melibatkan 15 petugas yang terdiri dari TNI/Polri, Satpol PP, Dishub, Sudin Prekraf, Diver Clean Action dan petugas lainnya.

“Semoga kegiatan ini semakin meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap bahaya penggunaan plastik dalam kegidupan sehari dan lingkungan,” tutur Kepala Satpol PP Kepulauan Seribu, Rahmat Lubis.
 

 


Berita Terbaru