image 1

Tidung

Petugas Sudin SDA Menyelesaikan Pengurasan Saluran Air di Pulau Untung Jawa

Kategori | Pembangunan
Reporter | Zaini Miftah
Tanggal | 30 Mar 2023
Dilihat | 264x


Petugas Suku Dinas Sumber Daya Air (Sudin SDA) Kepulauan Seribu, menyelesaikan pemeliharan manhole dan saluran air warga Pulau Untung Jawa, Kepulauan Seribu Selatan.

Kepala Sudin SDA Kepulauan Seribu, Hendri mengatakan, pemeliharaan saluran ini dilakukan di tiga lokasi yakni RW 01, 02 dan 03 Kelurahan Pulau Untung Jawa, dengan difokuskan untuk membersihkan endapan lumpur dan sampah pada saluran.

"Kami kerahkan 20 personel untuk melakukan pengurasan lumpur dan pemeliharaan manhole. Pengerjaan ini dilakukan sejak 24 Maret dan telah selesai pada 29 Maret," ujar Hendri, Kamis (30/03/2023).

Hendri menjelaskan pengurasan saluran di RW 01 sebanyak 161 titik manhole, RW 02 sebanyak 121 titik manhole dan RW 03 sebanyak 88 titik manhole. Hasilnya, petugas berhasil mengangkut sebanyak 65 karung berisi lumpur.

"Ketebalan sedimen lumpur ini bervariasi dari 30 hingga 60 sentimeter. Pengurasan dilakukan secara manual dengan peralatan sederhana seperti cangkul, sekop dan karung," tuturnya.

Hendri berharap, setelah dilakukan pengurasan lumpur nantinya saluran air dapat meningkatkan daya tampung lebih banyak dan saat hujan tidak lagi terjadi genangan terutama di area cekungan dan air lancar hingga mengalir ke laut.

"Semoga setelah dilakukan pengurasan tidak ada genangan lagi saat hujan," ungkapnya.

Sementara itu, Lurah Pulau Untung Jawa, Supriyadi mengapresiasi kerja cepat pasukan biru Kepulauan Seribu dalam mengatasi genangan saat hujan, serta menindaklanjuti permintaan warga.

"Tentunya kami selalu imbau kepada warga maupun wisatawan yang berkunjung untuk tetap menjaga kebersihan dengan membuang sampah pada tempatnya. Kami juga mengerahkan para personil PPSU untuk membersihkan lingkungan tiap harinya," pungkasnya.


POLING

Bagaimana Pendapatmu Terkait Berita Tentang "Petugas Sudin SDA Menyelesaikan Pengurasan Saluran Air di Pulau Untung Jawa" ?