BERITA

Informasi Dalam Rekaman Lensa

Pengoperasian Kapal Trans 1000 Harus Berpihak Bagi Masyarakat Kepulauan Seribu

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Seribu berharap pengelolaan transportasi yang dilakukan Trans 1000 dapat berpihak dengan masyarakat. 

Hal itu dikatakan Asisten Perekonomian dan Pembangunan (Ekbang) Kepulauan Seribu, Iwan Samosir saat menghadiri Forum Group Discussion (FGD) Pembenahan Transportasi Angkutan Laut Kepulauan Seribu dalam Rangka Mewujudkan Sarana Angkutan Laut Yang Aman, Nyaman, Terintegritas dan Profesional di Kantor Walikota Jakarta Utara, Kamis (28/02/2019). 

"Transportasi kapal ini masuk dalam 12 program percepatan pengembangan di Kabupaten Kepulauan Seribu, tapi harus juga seimbang dengan keberpihakan kepada masyarakat," ujar Iwan. 

Sementara itu, Asisten Deputi Gubernur DKI Jakarta Bidang Transportasi, Sunardi Sinaga menjelaskan, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berniat menjadikan kawasan Kepulauan Seribu menjadi magnet pariwisata baru, sehingga perekonomian akan tumbuh dan kesejahteraan masyarakat juga meningkat.

“Perlu dilakukan pembenahan infrastruktur dan peningkatan kualitas layanan transportasi agar wisatawan mau berkunjung, termasuk dari sisi sarana dan pra sarana wisata. Pemerintah Kabupaten Kepulauan Seribu diharapkan menjadi leader perubahan ini,” tutur Sunardi.

Seperti diketahui, PT Trans 1000 Jakarta berencana melakukan peningkatan kualitas layanan transportasi dengan menggandeng pelaku ojek kapal, dan berkerja sama dengan Pemerintah Kabupaten serta SKPD terkait.

Menanggapi hal ini, Direktur Utama PT Trans 1.000 Jakarta, Nana Suryana menjelaskan, pihaknya sudah sepakat dengan pemilik kapal ojek Kepulauan Seribu untuk bermitra menggelar layanan transportasi, dimana nantinya PT Trans 1.000 Jakarta akan menjadi orang tua asuh kapal ojek untuk memodernisasi seluruh kapal lama menjadi kapal yang layak beroperasi.

"Kamis sudah mendapat izin dari PTSP sejak Desember. Rencana Mei atau Juni kita mulai operasi dengan secara bertahap tiga kapal dulu," tandasnya.

 

 

 

 

Reporter : Zaini Miftah